Lama Ditunggu, Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck
Cybertruck. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah penantian panjang, Tesla akhirnya meluncurkan Cybertruck di Gigafactory di Austin, Texas. Acara tersebut disiarkan langsung di media sosial X, menjadi tonggak sejarah bagi perusahaan.

Diketahui dari laman X Tesla, Jumat, 1 Desember, salah satu fitur menonjol dari Cybertruck adalah bodi baja tahan karatnya. Selain itu, Cybertruck diklaim memiliki utilitas yang lebih baik dibanding truk dengan kinerja lebih tinggi atau mobil sport. Hal ini bukan tanpa alasan karena menggunakan bahan material premium seperti Exoskeleton yang tidak dapat ditembus serta Ultra Hard 30X Cold-Rolled Stainless Steel yang memiliki daya tahan yang super kuat.

Sementara itu, di balik desainnya yang sangat menarik perhatian, Cybertruck dilengkapi dengan arsitektur listrik 800 volt dan versi tri-motor yang disebut Cyberbeast dapat berakselerasi dari 0 hingga 97 km/jam hanya dalam 2,6 detik saja. Selain itu, kendaraan tersebut memiliki kecepatan tertinggi mencapai 209 km/jam, dan menawarkan kapasitas muatan 1.134 kg.

Tesla telah melengkapi Cybertruck dengan sistem steer-by-wire yang menyesuaikan putaran roda kemudi berdasarkan kecepatan kendaraan. Kemudi roda belakang dan vektor torsi belakang meningkatkan kemampuan manuver, memberikan lingkaran putar yang lebih kecil dibandingkan Model S.

Terdapat juga layar sentuh pada bagian tengah berukuran 18,5 inci, dan dilengkapi dengan layar sekunder 9,4 inci untuk penumpang belakang.

9

Menariknya, Tesla menawarkan tiga versi Cybertruck, terdiri dari RWD, AWD, dan Cyberbeast berperforma tinggi. Model RWD diproyeksikan mencapai 97 km/jam dalam 6,5 detik, dengan jangkauan 402 km. Varian AWD menghasilkan 600 tk yang mampu berakselerasi hingga 97 km/jam dalam 3,9 detik dan menempuh jarak 547 km. Selain itu, jangkauan Cyberbeast adalah 515 km.

8

Namun, Tesla menawarkan extender range opsional yang dapat meningkatkan jangkauan versi AWD menjadi 756 km dan Cyberbeast menjadi 708 km.

Kabar buruknya adalah harga yang ditawarkan, dikutip dari Carbuzz dan ArenaEV, harganya bahkan jauh dari yang dijanjikan Elon Musk beberapa waktu silam dengan kisaran 37.000 euro atau Rp632 jutaan. Nyatanya, Model RWD dibandrol 56.830 euro atau kisaran Rp957 jutaan, versi AWD mencapai 74.540 euro atau Rp1,2 miliar, dan Cyberbeast hadir dengan harga dasar 93.180 atau Rp1,5 miliar.

Bagi mereka yang mencari petualangan, Tesla menawarkan aksesori unik tambahan berupa perlengkapan tenda Cybertruck Basecamp, yang dibandrol seharga 2.772 euro atau kisaran Rp46 jutaan.

Tesla memberikan garansi dasar kendaraan selama empat tahun atau 80.500 km, sedangkan baterai dan unit penggerak keduanya tetap bergaransi selama delapan tahun atau 241.400 km.