Begini Proses Perakitan Toyota Century, Mobil Mewah yang Melibatkan Keahlian 40 Pekerja Terampil
Century. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu model Toyota paling memikat perhatian tahun ini adalah Toyota Century. Diperkenalkan pada awal September, saat ini Century tengah diproduksi dengan penuh dedikasi di pabrik Tahara, Aichi, Jepang.

Mirip dengan mobil mewah dari pesaingnya, kendaraan ini dibuat dengan sangat hati-hati oleh 40 pekerja terampil yang dipilih dengan cermat dari 1.500 karyawan. Proses seleksi melibatkan ujian yang ketat untuk memastikan keterampilan dan komitmen mereka.

Hiroki Tanaka, salah satu pekerja terpilih, menceritakan bahwa para perakit harus melewati kursus wajib dan melewati ujian sertifikasi untuk mendapatkan tempat di tim. Ujian ini terdiri dari tiga tahap penting.

Proses ujian mencakup penilaian awal keterampilan dasar, tes tertulis yang mencakup sejarah Century, struktur kendaraan, dan ujian praktik untuk menunjukkan kemampuan dalam membangun seri mewah.

"Saya mempelajari banyak hal baru, mulai dari sejarah Toyota dan Century hingga teknik fabrikasi mobil yang unik dan berkualitas tinggi. Itu adalah pengalaman yang sangat berharga," kata Tanaka, dilansir dari Carscoops, Selasa, 28 November.

5

Tanaka sendiri adalah seorang pekerja berpengalaman yang telah bekerja di Toyota sejak 2007 dan lulusan akademi keterampilan teknis Toyota, menggunakan pengalaman bertahun-tahunnya untuk merakit komponen Century. Pekerjaan ini sangat krusial karena setiap kesalahan dapat berdampak pada bagian lain dari kendaraan.

5
Deretan Century generasi sebelumnya. (Dok. Toyota)

Dalam jalur perakitannya, para pekerja dibagi menjadi empat tim khusus: Trim, bertanggung jawab untuk mengelola komponen seperti panel instrumen dan atap; Chassis, menangani instalasi mesin, suspensi, dan integrasi baterai PHEV; Perakitan Akhir, menangani kursi, pintu, dan jendela; dan terakhir Tuning/Fluids, mengawasi tugas-tugas seperti cairan pendingin mesin dan sistem rem.

Melalui jalur perakitan dan seleksi pekerja yang ketat, Toyota berhasil menciptakan Century generasi terbaru sebagai mobil mewah dengan sentuhan modern di dalamnya.

Mobil mewah ini dilengkapi dengan sistem Plug-in Hybrid (PHEV) mesin 3,5 liter V6, menghasilkan performa bertenaga sambil mempertahankan pengendaraan senyap yang cocok untuk Century. Sistem PHEV ini dirancang untuk berfungsi sebagai BEV untuk penggunaan sehari-hari dan sebagai HEV untuk perjalanan jarak jauh. Mesin tersebut berkolaborasi dengan transmisi e-CVT yang dikembangkan oleh Toyota dengan sistem penggerak semua roda atau E-Four Advanced.

Mobil yang ditujukan untuk keluarga kerajaan dan konglomerat ini dihargai sekitar 25 juta yen atau setara dengan Rp2,6 miliar di pasar Jepang.