Bagikan:

JAKARTA – Industri otomotif tanah air saat ini sedang diwarnai oleh serangkaian model kendaraan listrik (EV) dengan harga bervariasi. Bahkan, konsumen kini dapat memiliki EV dengan harga yang terjangkau.

Sementara, kabar terbaru Wuling Motors dikabarkan akan memperluas jajaran kendaraan listrik (EV) untuk pasar Indonesia dengan menghadirkan Bingo. Model ini sebelumnya telah menunjukkan penampilannya dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 pada Mei lalu.

Kabar tersebut semakin diperkuat dengan informasi yang tertera pada situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, yang menunjukkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NKJB) terdapat informasi mengenai model ini dengan kode E206REV dihadirkan dengan banyak tipe.

Data tersebut juga mengungkapkan angka 30KW dan 50KW yang kemungkinan menandakan output motor listriknya. Selain itu, ada pula kode 203, 333 dan 410 yang mirip spesifikasi jarak tempuh Bingo.

Wuling sendiri telah meluncurkan Bingo di China dengan jarak tempuh 410 km, dan varian lainya dengan jarak tempuh 203 km dan 333 km. Mobil ini ditawarkan dengan harga yang menarik mulai dari Rp126 jutaan untuk varian terbawah, dan juga Rp178 jutaan untuk jarak tempuh 333 km.

Namun berapakah kira-kira harganya jika masuk Indonesia? Tentu menarik ditunggu.

Diketahui, dua model EV termurah yang saat ini tersedia di pasaran adalah Wuling Air EV, dengan harga mulai dari Rp206 juta untuk varian Lite, hingga tipe tertingginya yang mencapai Rp299,5 juta, dan Seres E1 yang dibanderol seharga Rp189 juta untuk tipe B dan Rp219 juta untuk tipe L.

Selain segmen EV dengan harga di bawah Rp300 juta, pasar EV di bawah Rp400 juta juga ikut meramaikan industri otomotif di Indonesia. Terdapat dua model yang bersaing di segmen ini, yaitu Neta V dan Citroen e-C3.

Berikut spesifikasi kedua model tersebut, berdasarkan penelusuran VOI, Jumat, 10 November.

Neta V

6

Neta V diperkenalkan di Indonesia dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023. Selama pameran tersebut, Neta Indonesia memperkenalkan serangkaian produknya yang mendapat sambutan hangat dari pengunjung.

Dengan desain yang kompak, mobil listrik ini dilengkapi dengan pelek 16 inci dan ground clearance 130 mm, memungkinkan mobil melaju di berbagai kondisi medan dengan performa terbaik.

Dari segi performa, Neta V memiliki penggerak listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 70 kW dan torsi 150 Nm. Motor listrik tersebut ditenagai oleh baterai berkapasitas 40,7 kWh yang memungkinkan mobil menempuh jarak 384 km menurut NEDC atau 401 km menurut siklus CLTC.

Dengan segala kecanggihan dan fitur yang memudahkan pengalaman berkendara, Neta V dijual dengan harga mulai dari Rp379.000.000 (on the road Jakarta), yang tetap sama sejak pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2023.

Citroen e-C3

Sama seperti Neta V, Citroen e-C3 diperkenalkan ke publik tanah air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Kehadiran crossover tersebut sekaligus menegaskan komitmen perusahaan asal Prancis ini dalam membawa lebih banyak EV ke Indonesia.

Dengan ukuran yang ringkas, e-C3 hadir dengan konfigurasi empat tempat duduk. Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 57 dk dan torsi 143 Nm, memungkinkan mencapai kecepatan tertinggi hingga 107 km/jam.

Dengan baterai berkapasitas 29,2 kWh, Citroen e-C3 mampu menempuh jarak hingga 320 km dalam kondisi baterai penuh. Saat pergelaran di GIIAS 2023, model ini dibanderol dengan harga Rp395 juta OTR Jakarta.