Tesla Tetap Dominasi Permintaan Kendaraan Listrik Global,  BYD Menyusul Diposisi ke-2
Tesla Model 3 dan Model Y. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla terus mempertahankan dominasinya dalam permintaan kendaraan listrik bertenaga baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) secara global hingga kuartal ketiga tahun ini, data EV-Volumes yang dirilis oleh peneliti Jose Pontes mengonfirmasi hal ini.

Menurut laporan dari InsideEVs, Jumat, 10 November, Tesla menduduki posisi puncak dalam produksi mobil listrik, dengan lebih dari 1,3 juta pendaftaran baru, yang menyumbang total sebesar 20,1 persen secara global. Angka ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 18,5 persen.

Peringkat kedua diduduki oleh pabrikan asal China, BYD, yang mencatat lebih dari satu juta unit dengan pangsa pasar global sebesar 15,9 persen. Terjadi peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 11,9 persen.

7
Data permintaan mobil listrik global. (Dok. Clean Technica)

Kombinasi antara Tesla dan BYD berhasil mencapai 36 persen dari total penjualan BEV, naik dari angka 30,4 persen pada tahun sebelumnya. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, tidak menutup kemungkinan angka tersebut akan mencapai 40 persen pada tahun-tahun mendatang.

Di peringkat ketiga, Grup Volkswagen mencatatkan 7,7 persen, mengalami kenaikan sedikit dari tahun sebelumnya yang hanya 7,4 persen, menunjukkan kesinambungan perkembangan positif bagi VW.

Sementara itu, di peringkat keempat terdapat pabrikan asal China, SAIC, yang mencatatkan 7,5 persen, dan di posisi kelima terdapat GAC dengan catatan 5,7 persen.

Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan dalam lima besar berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka dari 53 persen pada tahun sebelumnya menjadi hampir 57 persen pada tahun ini, yang menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di luar kelompok teratas, dalam banyak kasus, tengah berusaha untuk mengejar ketertinggalan dari para pemimpin industri.

Berikut rincian produksi mobil listrik dari kuartal pertama hingga kuartal ketiga 2023:

Tesla: 1.323.868 unit, dengan pangsa pasar 20,1 persen

Grup BYD: 1.048.513 unit, dengan pangsa pasar 15,9 persen

Grup Volkswagen: 510.204 unit, dengan pangsa pasar 7,7 persen

SAIC (termasuk SAIC-GM-Wuling): 491.633 unit, dengan pangsa pasar 7,5 persen

GAC: 373.718 unit, dengan pangsa pasar 5,7 persen

Jumlah total produksi dari lima teratas mencapai 3.747.936 unit dengan pangsa pasar sebesar 56,9 persen. Sementara itu, 43,1 persen atau sekitar 2,8 juta unit tersebar di antara berbagai pabrikan lainnya. Secara keseluruhan, permintaan global mencapai lebih dari 6,5 juta unit.