Bagikan:

JAKARTA - Chery telah membuat kejutan di pasar otomotif Indonesia dengan memperkenalkan model-model yang menarik perhatian, dan salah satunya adalah Omoda 5.

SUV yang diluncurkan awal tahun ini hadir dalam dua varian, Z dan RZ, telah berhasil menarik perhatian pecinta otomotif dan menempatkan Chery sebagai pemain yang harus diperhitungkan di industri otomotif tanah air.

Kami di VOI diberi kesempatan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) untuk melakukan uji coba dengan satu unit Omoda 5 RZ selama tiga hari. Bagaimana impresi kami terhadap pengalaman berkendara serta performanya dalam jangka menengah? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

5

Desain Eksterior Berani

Omoda 5 memiliki penampilan yang mencolok dan unik. Tanpa embel-embel emblem atau tulisan 'Chery', banyak yang mungkin akan mengira mobil ini berasal dari pabrikan Korea Selatan atau Eropa.

Grill depan dengan desain 'Honeycomb' atau sarang lebah dengan sentuhan titik berpola berlian dan lampu LED yang tipis memberikan sentuhan kemewahan. Mobil ini terlihat semakin sporty dengan air intake yang menambah daya tarik di bagian depan.

Di samping, lekukan dinamis dan ukuran yang kompak memberikan kesan SUV bergaya coupe. Chery menyematkan list merah pada bagian bawah bodi termasuk di bemper bawah depan, pada pelek 18 inci, sayap, dan bemper belakang, hingga spion samping yang menambah kesan agresif pada mobil ini.

5

Interior Mewah

Di dalam, Omoda 5 RZ menawarkan kemewahan dan kenyamanan yang luar biasa. Kabin dilapisi dengan kulit semi-premium yang halus dan jok yang memberikan sentuhan sporty. Lalu juga ada sunroof yang mempermudah cahaya masuk ke kabin.

Penumpang belakang dapat menikmati ruang kepala dan kaki yang luas. Kenyamanan semakin lengkap dengan armrest yang dapat dilipat di tengah kursi. Namun, bagi penumpang dengan tinggi di atas 175 cm, ruang kepala mungkin sedikit terbatas karena atap belakang mobil ini yang condong menyerupai coupe. Namun, hal ini tidak berlaku untuk posisi duduk di bagian depan.

Posisi duduk yang nyaman untuk pengemudi dengan tinggi di atas 170 cm, visibilitas yang baik, serta kemampuan penyesuaian setir yang membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan. Ventilated seat juga menambah kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang depan.

Konsol tengah yang lebar dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti wireless charging untuk ponsel yang mendukung fitur ini, cup holder tuas transmisi, dan tombol-tombol penting yang mudah dijangkau.

Sementara, ruang penyimpanan belakang juga luas yang cocok untuk perjalanan jauh.

5

6

Fitur Modern

Chery Omoda 5 RZ dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Sistem infotainmen dengan layar sentuh 10,25 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto memudahkan pengguna dalam mengatur berbagai fitur kabin. Fitur 'Voice Command' berbahasa Inggris memungkinkan pengguna untuk mengontrol kendaraan dengan mudah.

Fitur keselamatan seperti electronic power steering (EPS), electronic parking brake (EPB), Autohold hill assist, lane keeping system, traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise system (ACC), dan Integrated Cruise Assist (ICA) meningkatkan keselamatan saat berkendara. Fitur kamera 360 membuat pengguna dapat melihat sekitar kendaraan dengan mudah. Namun, beberapa fitur ini mungkin dirasa terlalu berlebihan bagi beberapa pengguna.

Suspensi dan Pengendalian

Selama masa uji coba, kami menguji mobil ini di berbagai kondisi jalan, termasuk belokan tajam, kemacetan, gundukan, dan tanjakan. Omoda 5 RZ menunjukkan kemampuan yang baik dan stabil dalam menghadapi berbagai tantangan di jalan perkotaan. Respons dari setir kemudi sangat baik, memungkinkan mobil untuk merespons dengan lancar terhadap perubahan posisi.

Namun untuk suspensi mobilnya terasa sedikit kaku atau bantingan suspensi Omoda 5 terasa agak keras saat dibawa di jalan berbatu atau melewati polisi tidur, tapi untuk jalanan yang rata suspensinya aman dan nyaman.

5

Performa dan Konsumsi Bahan Bakar

Omoda 5 RZ menggunakan mesin 1.500 cc 4-silinder turbo yang juga digunakan pada Tiggo 7 Pro. Mesin ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 145 dk dan torsi 245 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi CVT yang memberikan perpindahan gigi yang halus.

Performa mobil ini terasa responsif, dengan transmisi yang memberikan perjalanan yang melaju mulus dan nyaman di jalanan perkotaan.

Namun, konsumsi bahan bakar mungkin menjadi kekhawatiran, terutama saat melaju di jalan tol di mana pengetesan di rute macet dalam kota pada sore hari dengan kecepatan rata-rata 15-30 km/jam, Chery Omoda 5 RZ ini mencatatkan angka 12 km/l.

Sementara, untuk pengetesan malam hari di rute tol dengan rata-rata kecepatannya 60-90 km/jam mencatatkan angka 13,6 km/l.

Harga dan Kompetisi

Omoda 5 RZ dijual dengan harga Rp404,8 juta On The Road Jakarta. Dalam harga yang bersaing dengan kompetitornya, Omoda 5 RZ bersaing dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Kesimpulan

Chery Omoda 5 RZ membuktikan bahwa Chery dapat menyajikan kendaraan dengan karakteristik premium. Mobil ini menawarkan performa yang mengesankan dan pengendalian yang baik di kelasnya. Dengan beberapa penyesuaian, Chery dapat terus menarik perhatian para pecinta mobil di Indonesia.