Bagikan:

JAKARTA - RM Sotheby, rumah lelang terkemuka dari Inggris, baru-baru ini mengumumkan niatnya untuk melelang Ferrari 250 GTO, mobil balap yang sangat langka. Diprediksi mobil ini akan memecahkan rekor sebelumnya, yang mencapai angka luar biasa 48,4 juta dolar AS (sekitar Rp767,1 miliar) pada tahun 2018.

Mobil ini memiliki sejarah balap yang luar biasa, mencatat sejumlah prestasi yang mengesankan bagi pabrikan terkenal dengan logo 'Kuda Jingkrak' tersebut. Dengan nomor sasis 3765, mobil ini berhasil memenangkan perlombaan legendaris Nurburgring 1.000 km pada tahun 1962, menduduki posisi juara di kelasnya dan posisi kedua secara keseluruhan, dengan Mike Parkes dan Willy Mairesse sebagai pembalap yang mengendalikan kemudi.

4

Selanjutnya, mobil ini dimodifikasi untuk bersaing dalam perlombaan 24 Hours Le Mans, dengan mesin yang ditingkatkan dan sejumlah perubahan demi meningkatkan performa di sirkuit De La Sarthe, Prancis. Mike Parkes dan Lorenzo Bandini adalah pembalap pabrikan yang bertanggung jawab saat mobil ini berlaga di ajang tersebut. Sayangnya, mobil mengalami masalah panas berlebihan pada mesinnya, yang memaksa tim untuk menarik diri lebih awal.

4

Menurut laporan Motor1, Senin, 23 Oktober, mobil ini telah mengikuti sejumlah perlombaan dengan mesin V12 berkapasitas besar 4,0 liter, sesuai dengan aturan perlombaan tahun 1962. Namun, kemudian pabrikan Italia menggantinya dengan unit V12 3,0 liter, sebelum akhirnya dijual ke tim privateer, dan mesin tersebut masih dipertahankan di bawah kap mobil hingga saat ini.

Setelah berpindah-pindah kepemilikan, mobil ini akhirnya tiba di Amerika Serikat dan dimiliki oleh seorang pria di Ohio sejak tahun 1985. Kemudian, mobil ini digunakan dalam beberapa perlombaan mobil vintage dan juga tampil dalam sejumlah acara, termasuk acara penghargaan di Amelia Island Concours d'Elegance pada tahun 2011. Pemilik terakhir memutuskan untuk melelang mobil sport ini.

Ini adalah salah satu dari hanya 34 unit Ferrari GTO yang pernah diproduksi pada tahun 1962. Bagi pemenang lelang, mereka akan mendapatkan mobil bersejarah ini lengkap dengan catatan pabrik, termasuk dokumen yang mengulas persiapan mobil ini untuk perlombaan Nurburgring dan Le Mans.

RM Sotheby akan memulai proses lelang mobil ini pada 13 November 2023 mendatang.