Bagikan:

JAKARTA - Rumah lelang Bonhams akan mengadakan Quail Auction pada 18 Agustus 2023. Salah satu barang berharga paling menarik yang akan dilelang dalam acara ini adalah Ferrari 412P.

Ferrari 412P adalah saksi bisu dari gemilangnya era balap mobil legendaris di tahun 1960-an, yang selalu menjadi daya tarik bagi para penggemar otomotif hingga saat ini.

4

Diperkenalkan pada tahun 1967, mobil ini dirancang khusus untuk balap ketahanan, dengan desain bodi ramping serta tingkat aerodinamis tinggi yang dibuat oleh Pininfarina.

Di bawah kap, 412P dilengkapi dengan mesin V12 yang kuat, mampu menghasilkan tenaga luar biasa dan memberikan performa mendebarkan di lintasan balap.

Mobil yang akan dilelang ini adalah model produksi 1967 dan pertamanya dibeli oleh Tim Kolonel Ronnie Hoare, memiliki warna merah balap khas Italia dengan hidung biru Cambridge. Mobil ini adalah salah satu dari dua mobil 412P yang berlaga pada tahun tersebut.

Dikutip dari Motor1, 23 Juli, Richard Attwood dan Lucien Bianchi tercatat sebagai dua pembalap pertama yang mengemudikannya dan berhasil meraih posisi ketiga secara keseluruhan dalam balapan Belgian Spa 1.000 Kilometer, sekaligus membantu Ferrari meraih gelar Juara Dunia pabrikan tahun 1967.

4

Selanjutnya mobil dengan nomor sasis 0854 ini juga berlaga di ajang Le Mans 24 Jam tahun 1967 dan balapan Brands Hatch 6 Jam di Inggris sebelum akhirnya dibeli oleh David Piper.

Piper menggunakan mobil ini untuk berkompetisi dalam balapan Paris 1.000 Kilometer, Kyalami 9 Jam, dan Cape Town 3 Jam. Di bawah kepemilikan Piper, mobil ini juga berlaga di Eropa dan Afrika Selatan sepanjang 1968-1969, meraih kemenangan di balapan Nuremberg 200 Kilometer tahun 1968, Solituderennen di Hockenheim, dan Grand Prix Swedia.

Pada tahun 1969, mobil ini dibeli oleh Chris Cord, cucu dari E. L. Cord, pendiri perusahaan mobil Cord. Kemudian, mobil ini berpindah tangan ke beberapa kolektor, termasuk Lord Anthony Bamford, Sir Paul Vestey, John McCaw, dan Bruce McCaw, sebelum akhirnya dimiliki oleh pemiliknya saat ini.

Mobil ini kemudian menjalani proses restorasi yang rumit selama sembilan tahun, termasuk pemulihan tampilan dan livery atau corak balap aslinya saat menjadi bagian dari Tim Kolonel Ronnie Hoare.

Diperkirakan, Ferrari 412P yang merupakan penerus dari Ferrari 250 LM yang juga dibuat untuk bersaing dalam balap ketahanan ini bisa laku sekitar 40 juta dolar AS atau lebih dari Rp600 miliar.