XPeng Bocorkan Gambar X9 dalam Undangan Hari Teknologi di China, Segera Meluncur?
Xpeng X9. (Dok. Arenaev)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar kehadiran mobil baru dari XPeng yakni X9 mulai menemui titik terang. Hal ini merujuk dari undangan Hari Teknologi yang diselenggarakan oleh jenama asal China tersebut.

Dikutip dari Carnewschina, Senin, 23 Oktober, dalam undangan resmi dari Xpeng untuk acara Hari Teknologi, terdapat gambar sebuah mobil MPV yang bertuliskan XPeng X9.

Kabar ini membuat tanda tanya besar, dan diperkirakan MPV itu akan debut pada acara tersebut. Tentunya masih menjadi misteri sampai acara berlangsung pada Selasa, 24 Oktober.

Sebelumnya pada Februari di tahun yang sama beredar luas foto mobil listrik dari XPeng, dan pada bulan Mei, He Xiaopeng, pendiri dan CEO XPeng, mengonfirmasi bahwa mobil tersebut sedang dibuat untuk bergabung dengan pasar MPV muda di Tiongkok, dan mengungkapkan bahwa namanya adalah X9.

Selanjutnya pada bulan Agustus X9 terlihat lagi dengan kamuflase yang lebih terbuka. Artinya akan mendekati debutnya. Hal ini juga diperkuat dengan pabrikan mengajukan izin penjualan ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) setempat.

Pengajuan MIIT menunjukkan bahwa X9 sangat besar, panjangnya hampir 5,3 meter. Dimensinya masing-masing panjang 5293, lebar 1988, tinggi 1785 mm, dan jarak sumbu roda 3160 mm.

Mobil tersebut disebut akan hadir dalam dua varian, di mana model FWD tunggal akan bertenaga 235 kW dan dilengkapi baterai lithium iron phosphate (LFP) dari Eve Energy. Sementara versi motor ganda memiliki tenaga 235 kW di depan dan tambahan 135 kW di belakang dengan daya maksimum adalah 370 kW (496 hp).