Bagikan:

JAKARTA - Sebagai pengguna Mazda tentu tak sedikit yang bertanya kapan mobil listrik penuh hadir, sedangkan beberapa pabrikan telah memiliki rencana jangka panjang, baik dari sisi pembangunan infrastruktur, hingga baterai. 

Tapi tenang saja, jawaban mengenai kapan Mazda meluncurkan mobil listrik utuh terjawab sudah. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Mazda Amerika Utara Tom Donnelly, dikutip dari laman InsideEV, Sabtu, 21 Oktober. 

Rencana pabrikan tersebut akan membuat mobil listrik pada tahun 2025 mendatang. Memang hanya sedikit detail yang diungkapkan, dimana kemungkinan besar merupakan crossover. 

"Itu akan menjadi papan nama yang memang sudah ada, kemungkinan besar crossover dan akan menambahkan lebih banyak kendaraan listrik, tergantung permintaan konsumen," ungkapnya. 

Namun Mazda tetap akan melanjutkan jajaran plug-in hybrid nya untuk seluruh jajarannya. Sebab menurutnya hybrid merupakan teknologi yang tepat untuk pasar saat ini. 

"Mengingat banyaknya tantangan dalam hal infrastruktur dan hal lainnya, kami berkomitmen terhadap masa depan listrik, namun untuk jangka pendek kami merasa teknologi yang dimiliki saat ini tepat," paparnya. 

Kabar ini tentu sangat baik bagi siapa saja yang mengapresiasi pendekatan merek Jepang ini yang memang kental dengan model hingga kemewahan. 

Sebelumnya Mazda mengumumkan akan meningkatkan peluncuran sejumlah BEV baru dari tahun 2028 hingga 2030,dan bahkan memperkirakan jumlah tersebut akan mencapai antara 25 persen dan 40 persen dari total volume globalnya. 

Mereka juga sedang dalam pembicaraan dengan berbagai mitra teknologi baru, termasuk Panasonic untuk baterai, dan memiliki hubungan dekat dengan Toyota serta teknologi hybrid dan BEV yang akan datang.