Bagikan:

JAKARTA - Kia resmi mengumumkan harga terbaru untuk Niro EV 2024 yang akan tersedia di pasar Amerika Serikat (AS). Model yang telah diperbarui ini akan dijual dengan harga mulai dari 40.925 dolar AS atau sekitar Rp629,8 jutaan, termasuk biaya pengiriman atau hanya lebih mahal 180 dolar AS atau Rp2,7 juta dari model tahun lalu.

Harga baru ini adalah untuk trim Wind, atau varian paling bawah, sementara trim Wave trim atasnya dimulai dari 45.925 dolar AS atau sekitar Rp706,8 jutaan, juga sudah termasuk biaya pengiriman.

Dilansir dari InsideEVs, Jumat, 22 September, mobil subkompak berbasis listrik ini menawarkan berbagai perubahan, termasuk penambahan lantai kargo dua tingkat sebagai standar untuk meningkatkan daya guna.

Niro EV akan bersaing dengan Hyundai Kona Electric dan memiliki dimensi panjang 4.420 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.570 mm, serta jarak sumbu roda sepanjang 2.720 mm. Ruang bagasinya memiliki kapasitas 475 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 1.392 liter.

Salah satu fitur unik pada mobil ini adalah lokasi port pengisian daya, yang terletak di bagian depan tepat di tengah antara intake udara bagian bawah dan grill yang tertutup, mirip dengan Hyundai Kona Electric.

Varian Wind, yang merupakan versi entry-level, dilengkapi dengan pelek alloy 17 inci, pencahayaan LED otomatis, wiper otomatis, kaca pribadi, dan power liftgate.

5

Di dalam kabin, terdapat desain dasbor asimetris yang mengelilingi pengemudi dan penumpang, dilengkapi dengan panel melengkung yang mengintegrasikan kluster instrumen digital dan sistem infotainment berlayar sentuh 10,25 inci.

Sentuhan dari Kia EV6 juga terlihat pada Niro EV, dengan panel sentuh ganda di bawah ventilasi udara tengah untuk mengendalikan sistem iklim dan infotainmen yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Varian Wave, yang merupakan versi tertinggi, dilengkapi dengan lampu depan yang lebih canggih, pencahayaan kabut, sunroof, kursi belakang yang dapat diatur secara elektrik, kursi depan berventilasi, dan setir kemudi berpemanas.

Kia juga menunjukkan komitmennya pada keberlanjutan lingkungan dengan menggunakan komponen yang didaur ulang, seperti headliner yang terbuat dari sekitar 56 persen plastik PET daur ulang, serta penutup jok yang dilapisi dengan kulit bio yang terbuat dari campuran bahan nabati dari pohon eukaliptus dan kulit buatan dari poliuretan.

4

SUV kompak ini ditenagai oleh motor listrik yang terletak di bagian depan dan mampu menghasilkan daya hingga 201 dk dengan torsi mencapai 255 Nm.

Niro EV dilengkapi dengan baterai berkapasitas 64,8 kWh, yang memberikan jarak tempuh hingga 460 km. Baterai ini dapat diisi dari 10% hingga 80% dalam waktu 49 menit melalui pengisian daya cepat DC 80 kW.

Seperti mobil listrik lainnya, varian Wave dari Kia Niro EV telah dilengkapi dengan fitur Vehicle-to-Load (V2L), yang memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk perangkat elektronik atau mobil listrik lainnya.