Bagikan:

JAKARTA - Pasar Malaysia dengan antusias menyambut kedatangan salah satu kendaraan listrik dari Korea Selatan, yaitu Kia Niro EV. Mobil ini merupakan kendaraan listrik kedua yang dihadirkan oleh distributor Dinamikjaya Motors, setelah Kia EV6.

Bersaing dengan Hyundai Kona Electric, Niro EV memiliki dimensi panjang 4.420 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.570 mm, dan wheelbase mencapai 2.720 mm. Ruang bagasi yang tersedia sebanyak 475 liter, tetapi dapat ditingkatkan menjadi 1.392 liter.

Dilansir oleh laman paultan pada Kamis, 24 Agustus, Niro EV menampilkan grill tertutup khas mobil listrik dengan lampu depan besar yang terintegrasi dengan teknologi LED terbaru.

Keunikan lain pada mobil ini adalah port pengisian daya yang ditempatkan di bagian depan, tepat di tengah antara intake udara bagian bawah dengan grill yang tertutup, mengingatkan pada Hyundai Kona Electric.

Di dalam kabin, dasbor dirancang secara asimetris yang mengelilingi pengemudi dan penumpang, serta dilengkapi dengan panel melengkung yang menggabungkan kluster instrumen digital dan sistem infotainment berlayar sentuh 10,25 inci.

Sentuhan dari EV6 juga dihadirkan pada Niro EV, dengan panel sentuh ganda di bawah ventilasi udara tengah untuk mengontrol sistem iklim dan infotainment yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Pada konsol tengah, terdapat berbagai tombol dengan berbagai fungsi, seperti pemanas kursi berpendingin, pemanas setir, serta bantuan pengemudi seperti sensor parkir dan kamera mundur.

Kia juga menunjukkan komitmennya pada keberlanjutan lingkungan dengan menampilkan komponen yang didaur ulang, termasuk headliner yang menggunakan sekitar 56 persen plastik PET daur ulang, serta penutup jok yang dilapisi kulit bio yang dibuat dengan mencampurkan bahan nabati dari pohon eukaliptus dengan kulit buatan dari bahan poliuretan.

Niro EV juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan pembantu, termasuk tujuh airbag, Hill Start Assist, Tyre Pressure Monitoring, Rear Occupant Alert, dan Safe Exit Assist, bersama dengan fitur pendukung lainnya.

SUV kompak ini ditenagai oleh motor listrik yang terletak di bagian depan dan mampu menghasilkan daya hingga 201 dk dengan torsi mencapai 255 Nm.

Kapasitas baterai Niro EV adalah 64,8 kWh, memberikan jarak tempuh hingga 460 km. Baterai ini dapat diisi dari 10% hingga 80% dalam waktu 49 menit dengan pengisian daya cepat DC 80 kW.

Niro EV ditawarkan dalam satu varian saja di Malaysia dengan harga 256.668 ringgit Malaysia atau sekitar Rp843,4 jutaan.

Sebelumnya, Kia Niro EV telah diperkenalkan di Indonesia melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 bersama dengan Kia EV6. Namun, EV6 yang masuk pasar Indonesia pada awal tahun 2023.

Kepala Divisi Pemasaran & Pengembangan PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, mengungkapkan bahwa saat ini belum ada rencana untuk membawa Niro EV ke pasar Indonesia.

"Belum ada rencana setelah kami menguji pasar tahun lalu," kata Ario ketika dihubungi oleh VOI pada Jumat, 25 Agustus.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat memberikan informasi mengenai harga dan tanggal rilis Niro EV di pasar Indonesia bersama dengan EV6 pada saat ini.

"Mohon maaf informasinya belum bisa kami share," pungkas Ario.