Yamaha Merilis Pembaruan Dua Model Sepeda Motor Sport untuk Pengendara Pemula
Yamaha YZF-R125 2023. (Dok. Riderapart)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha kembali memanjakan para pengendara pemula dengan meluncurkan beragam sepeda motor sport terbaru di beberapa negara, termasuk Jepang. Baru-baru ini, pabrikan tersebut merilis YZF-R125 dan YZF-R15 tahun 2023 untuk pasar Jepang.

Kedua sepeda motor ini mengusung gaya sport yang khas, namun berada di kelas yang berbeda, yakni Moped Class 2 dan Light Motorcycle. Desain keduanya juga terinspirasi dari saudara-saudara lebih besar mereka, seperti YZF-R7 dan YZF-R1.

Dilansir dari Rideapart pada Jumat, 22 September, baik YZF-R15 maupun YZF-R125 dilengkapi dengan berbagai fitur impresif, termasuk Assist and Slipper Clutch, yang meningkatkan kendali saat perpindahan gigi, memberikan pengendaraan yang lebih mulus.

Kemudahan berkendara semakin ditingkatkan dengan adanya sistem kontrol traksi, yang memberikan kepercayaan diri kepada pengendara pemula dalam berbagai kondisi.

4
Yamaha YZF-R15 2023

Yamaha, yang dikenal dengan logo garpu tala, juga membekali kedua model ini dengan teknologi canggih lainnya, seperti lampu depan LED dan panel instrumen LCD yang mirip dengan YZF-R1 generasi sebelumnya.

Penampilan modern dan sporty dari kedua motor ini didukung oleh pelek berukuran 17 inci dan sistem suspensi terbaru dengan garpu depan terbalik serta monoshock belakang yang dipasang pada swing arm aluminium.

Meskipun keduanya adalah model entry-level Yamaha, performanya tetap mengesankan. YZF-R15 memiliki mesin silinder tunggal dengan kapasitas 155 cc, sementara YZF-R125 mengusung mesin berkapasitas 155 cc juga.

Meski berbeda kapasitas mesin, Yamaha membekali keduanya dengan sistem pendingin cair, injeksi bahan bakar, dan Variable Valve Actuation (VVA), yang membantu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan memberikan torsi pada putaran rendah, sekaligus memberikan daya yang impresif pada putaran tinggi.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan yang dilengkapi dengan slipper clutch sebagai standar, dan quick-shifter sebagai pilihan.

Kedua sepeda motor ini akan tersedia di Jepang mulai tanggal 16 Oktober mendatang dengan harga 517.000 yen atau sekitar Rp53,6 jutaan untuk YZF-R125, dan 550.000 yen atau setara dengan Rp57 jutaan untuk YZF-R15.