Bagikan:

JAKARTA - Selama setengah abad berkiprah di industri otomotif, Volkswagen Passat menjadi salah satu andalan VW dalam kategori kendaraan berukuran sedang selama beberapa generasi.

Baru-baru ini, VW memperkenalkan generasi terbaru dari model ini, yaitu All-New Passat. Kendaraan yang dikenal dengan desain wagon ini mencapai generasi kesembilannya, setelah Golf.

Mobil ini kembali hadir dengan bentuk orisinalnya, yaitu wagon, setelah versi sedan sebelumnya dihentikan. Meskipun kembali ke bentuk awalnya, Passat terbaru ini tetap tampil modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

3

Dilansir dari Motor1, Rabu, 30 Agustus, wagon ini memiliki dimensi yang cukup luas, dengan panjang 4.917 mm, lebar 1.852 mm, tinggi 1.506 mm, dan jarak sumbu roda yang luas, mencapai 2.841 mm.

Mobil ini memperlihatkan desain yang revolusioner dengan bagian depan yang menyerupai model ID.7, dengan ciri khas lampu VW dan grill bawah yang mengingatkan pada model Golf, serta penggunaan lampu matriks LED dan Dynamic LED di bagian belakang. All-New Passat juga hadir dengan pelek berukuran 19 inci yang memberikan kesan yang mewah.

VW tetap mempertahankan bahasa desain yang sama seperti generasi sebelumnya untuk bagian interior Passat. Interior dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 12,9 inci sebagai standar, bahkan tersedia opsi layar 15 inci untuk sistem infotainment.

Instrumen kluster juga hadir dalam bentuk digital berukuran 10,25 inci sebagai standar, menggantikan penggunaan instrumen analog pada generasi Passat sebelumnya.

3

Dengan dimensinya yang luas, All-New Passat menawarkan ruang yang maksimal, memberikan pengguna cukup tempat untuk menyimpan barang dengan kapasitas 690 liter. Jika baris belakang ditekuk, kapasitas ruang tersebut dapat diperluas menjadi 1.920 liter.

Dalam hal mesin, All-New Passat memiliki beberapa pilihan, termasuk diesel, mild-hybrid, dan plug-in hybrid. Untuk varian diesel, All-New Passat dilengkapi dengan mesin 2.0 TDI yang menghasilkan daya sebesar 121 dk dan 148 dk untuk penggerak roda depan, serta 190 dk dengan sistem penggerak semua roda. Varian ini disertai dengan transmisi tujuh percepatan dual-clutch.

Beralih ke varian mild-hybrid, wagon ini hadir dengan mesin 1.5 liter eTSI yang menghasilkan tenaga sebesar 148 dk. Tersedia juga versi bensin dengan mesin 2.0 TSI yang menghasilkan tenaga sebesar 201 dk untuk penggerak roda depan, dan opsi 261 dk dengan penggerak semua roda 4Motion.

Sementara itu, untuk model plug-in hybrid (PHEV) yang dikenal oleh VW sebagai "eHybrid," All-New Passat dilengkapi dengan mesin 1,5 liter TSI yang dipadukan dengan paket baterai 19,7 kWh.

Dengan mesin ini, Passat memiliki tenaga dasar sebesar 201 dk dan torsi sebesar 350 Nm. Namun, tenaga dapat ditingkatkan menjadi 268 dk dan torsi 400 Nm. Passat dapat melakukan perjalanan hingga 100 km dengan tenaga listrik murni, dan dengan bahan bakar bensin, jarak tempuh maksimumnya mencapai 1.000 km dengan tangki penuh.

All-New Passat akan membuat debutnya pada IAA Munich pada awal September tahun ini dan dijadwalkan akan tersedia untuk dijual pada awal tahun 2024 mendatang.