Bagikan:

JAKARTA - Ketika membicarakan produsen kendaraan Wuling, mungkin yang pertama terlintas dalam pikiran adalah mobil mungil seperti Air EV. Mobil ini telah terbukti menjadi sarana mobilitas yang cocok untuk wilayah perkotaan. Namun, ternyata Wuling tidak hanya memiliki Air EV sebagai pilihan kendaraan berukuran kecilnya.

Perusahaan kendaraan asal China ini juga memiliki pilihan mobil mungil bertenaga listrik lainnya, seperti Wuling E10. Berbeda dengan Air EV, mobil ini dirancang khusus untuk digunakan dalam sektor komersial.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 30 Agustus, Wuling E10 hanya memiliki satu kursi dengan desain yang mirip dengan mobil kei car. Karena mobilitas komersial adalah fokusnya, Wuling E10 memiliki kemampuan untuk melintasi ruang yang sempit, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengantarkan barang ke tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Salah satu fitur unik lainnya adalah pelek berukuran kecil sekitar 12 inci yang memberikan tampilan yang sangat kompak di bagian depan. Desainnya yang kotak dan minimalis memberikan mobil ini punya daya tarik tersendiri.

Selain versi standar dengan kotak pengangkut di bagian belakang, ada juga opsi atap yang lebih tinggi yang dapat digunakan sebagai lemari es untuk mengangkut dan menjual berbagai barang seperti bunga, es krim, buah, makanan, atau minuman.

Di dalam kabin, hanya ada satu kursi tersedia, dengan pengaturan AC manual, kluster instrumen digital, dan port USB untuk pengisian perangkat. Dimensi Wuling E10 adalah panjang 3.305 mm, tinggi 1.690 mm, dan lebar 1.080 mm.

4

Foto: Carnewschina

Meskipun ukurannya sangat kecil, kotak pengangkutnya memiliki kapasitas hingga 1,7 m2 dan mampu membawa muatan hingga 200 kg, yang cukup besar untuk kendaraan komersial mini seperti ini.

Wuling E10 dilengkapi dengan motor listrik di bagian depan yang menghasilkan tenaga hingga 27 dk dan mencapai kecepatan tertinggi 71 km/jam. Sumber daya berasal dari baterai lithium-ion phosphate berkapasitas 9 kWh. Meskipun kapasitas baterainya kecil, ini masih cukup untuk memberikan jarak tempuh hingga 150 km dengan baterai penuh.

Meskipun sudah dipamerkan sejak tahun 2022, peluncuran resmi Wuling E10 baru dilakukan pada tanggal 28 Agustus yang lalu. Mobil ini tersedia dalam dua varian yang berbeda, yaitu tipe awal dengan harga 36.800 yuan atau sekitar Rp76,9 juta, dan tipe tertinggi seharga 39.800 yuan atau setara Rp83,1 juta.