Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, BMW meluncurkan model M2 yang mengalami pembaruan desain dan kinerja. Namun, pabrikan asal Jerman ini rupanya belum puas dengan pencapaiannya.

BMW tengah berupaya mengembangkan varian terbaru dari M2, yaitu M2 CS yang telah ditingkatkan. Bukti nyata dari usaha ini terlihat dari gambar yang beredar mengenai penampilan M2 CS di linimasa.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 8 Agustus, BMW M2 yang sedang dalam tahap pengembangan ini sekilas tampak biasa. Namun, jelas bahwa pabrikan Bavaria ini telah membawa sejumlah perubahan dibandingkan dengan varian standar.

4
M2 CS terbaru. (Dok. Carscoops)

Salah satu perubahan yang terlihat adalah splitter depan yang baru dengan sayap belakang yang menonjol. Dalam upaya meningkatkan aerodinamika, M2 yang masih tertutup stiker kamuflase ini memiliki postur yang lebih rendah daripada M2 standar, serta pelek yang sedikit lebih lebar.

Meskipun perubahan yang diterapkan oleh BMW terlihat sedikit, pabrikan ini cukup cerdik dalam menyembunyikannya dengan stiker kamuflase. Namun, diperkirakan bahwa M2 CS terbaru tetap akan dilengkapi dengan knalpot sporty dan kap mesin berbahan serat karbon untuk mengurangi bobot kendaraan.

Tidak hanya dalam hal tampilan luar, namun juga performa di tikungan dan stabilitasnya mengalami peningkatan. Dari gambar yang tersedia, terlihat bahwa suspensi juga telah ditingkatkan untuk memberikan kesan sporty, serta atap yang terbuat dari serat karbon.

Meskipun bagian interior tidak terekam oleh kamera, diyakini bahwa interior M2 CS juga akan berperan dalam mengurangi berat mobil secara keseluruhan. Sebagai gambaran, varian sebelumnya dari M2 CS dilengkapi dengan jok alcantara, komponen serat karbon, dan emblem CS yang memberikan kesan eksklusif.

Diperkirakan bahwa M2 CS terbaru akan menggunakan mesin yang sejenis dengan versi saat ini, yaitu mesin 3,0 liter 6-silinder twin-turbo dengan tenaga hingga 453 dk.

Beredar kabar bahwa mesin tersebut akan mengalami penyetelan untuk meningkatkan daya hingga mencapai 468 dk atau bahkan 475 dk. Bahkan, BMW sedang mengkaji kemungkinan untuk menghasilkan versi dengan daya hingga 520 dk, menjadikannya M2 CS paling bertenaga yang pernah ada.

M2 CS juga dikabarkan akan dipasarkan dalam edisi terbatas dengan harga yang cukup tinggi. Sebagai contoh, M2 CS generasi sebelumnya dijual seharga 83.600 dolar AS atau sekitar Rp1,2 miliar. Harga tersebut belum termasuk biaya pengiriman.