Perayaan Dua Dekade Cadillac V-Series, Persiapkan Mobil Generasi Kelima
Cadillac CT5-V Blackwing. (Dok. Cadillac)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun depan menandakan perayaan ke-20 tahun sub-merek dari Cadillac, V-Series. Mobil berperforma tinggi, elegan, yang dilengkapi teknologi canggih tersebut pertama kali diluncurkan tahun 2004.

Cadillac CTS-V 2004 menjadi penanda dimulainya era Cadillac bersaing dengan brand berperforma tinggi lain, seperti BMW M dan Mercedes-AMG.

Cadillac dikabarkan akan mengenalkan produk dan fitur baru saat awal perayaan V-Series di trek balapan Sebring pada akhir Minggu ini. Namun Cadillac tidak memberikan rincian apa pun. Dilansir dari Motor1, Rabu, 15 Maret, akan lebih banyak informasi mengenai hal ini sepanjang tahun ini dengan perayaan yang berakhir Maret tahun depan.

Selama hampir dua dekade, Cadillac telah menawarkan sebanyak tiga belas model V-Series yang berbeda dalam empat generasi. Yang pertama, Cadillac memperkenalkan CTS-V, XLR-V, dan STS-V. Model CTS-V adalah yang pertama dijual, lalu dikembangkan Cadillac untuk dijajal pada trek balap.

Lalu, generasi kedua pengenalan model wagon, coupe dan sedan untuk CTS-V. Generasi ketiga menjadi yang terakhir dari model ini. Generasi saat ini adalah seri yang paling luas segmentasinya. Dengan dua model Blackwing dan Escalade-V.

SUV mewah dari Cadillac, Escalade merupakan model terlaris yang pernah diproduksi. Lalu, Escalade dikembangkan oleh V-Series yang dapat menghasilkan daya 682 dk yang berasal dari mesin V8 6,2 liter supercharged.

Menurut Cadillac, mobil balap hybrid V-Series.R akan menandai era dimulainya generasi kelima. Diperkirakan Cadillac Blackwing CT5-V akan tersedia karena baru-baru ini tertangkap kamera sedang diuji coba dengan beberapa penyegaran.

Untuk elektrifikasi, Cadillac mengatakan terdapat tiga model kendaran listrik baru pada tahun 2023 yang direncanakan mulai produksi pada tahun 2024.