Dapat Rekor Muri untuk Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil, Alicia Eva: Terimakasih untuk Apresiasi dari Indonesia
Pelukis Alicia Eva di festival #SerunyaIndonesia di Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2022 (foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Selain Christie Basil yang berhasil memecahkan rekor rekor MURI untuk "Peragaan Busana dengan Kreator Terbanyak", ada satu kreator TikTok yang juga mendapatkan MURI.

Alicia Eva, seorang pelukis dari Indonesia ini juga berhasil mendapatkan MURI dari aksinya untuk kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil".

Eva dan mobilnya hadir dalam Festival #SerunyaIndonesia yang digelar oleh TikTok di Jakarta pada Jumat, 19 Agustus. Dalam acara tersebut, Eva mengungkapkan rasa syukurnya dimana ia dapat bekerja sama dengan TikTok.

"Yang pasti aku bersyukur banget bisa dapat support dari TikTok. Karena menurut akun TikTok adalah platform yang selalu mendukung para edu-kreator yang purpose nya untuk bantu anak Indonesia kenal pahlawan," ungkap Eva kepada VOI, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta.

Tidak lupa, Eva juga mengungkapkan rasa senang sekaligus terima kasihnya kepada Indonesia yang telah mengapresiasi karyanya melalui rekor MURI yang ia dapatkan.

Jika melihat ke belakang, Eva juga sudah pernah mendapatkan MURI dengan kategori "Lukisan Terpanjang" pada tahun 2021 silam. 

Saat itu, Eva berhasil melukis diatas kanvas berukuran 30 meter dengan gambar 34 Provinsi. Eva mengaku dalam postingan instagramnya, bahwa ia menghabiskan waktu hingga lebih dari 200 jam untuk menghasilkan mahakaryanya tersebut.

Namun sekarang, Eva mencoba untuk beralih ke media lain dengan menggunakan mobil Eva mengaku kesulitan melukis di mobil lebih tinggi dibandingkan melukis di atas kanvas.

"Pasti lebih sulit, soalnya kan ngelukisnya tegak, terus cat yang dipakai beda, tekniknya juga beda. Terus karena ini kan di mobil, jadi harus lebih tahan dan anti badai (jenis cat), ya jadi lebih sulit," teran Eva.

Meski demikian, hal tersebut tidak melunturkan semangat Eva untuk melukis di atas mobil. Eva mengatakan bahwa ia sangat ingin memperlihatkan hasil karyanya ke lebih banyak orang.

"Karena kalau selama ini aku bikin karya kan nggak bisa dibawa keliling, jadi yang lihat aku doang. Jadi, aku pengen orang lain juga bisa sekalian lihat," tambahnya.

Di mobilnya, Eva melukis 17 tokoh pahlawan dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya ada I Gusti Ngurah Rai, Tuanku Imam Bonjol, Soekarno, Cut Nyak Dien, R.A. Kartini, dan masih banyak lagi. Kemudian di bagian kap depan mobil, Eva melukis burung Garuda sebagai lambang Pancasila.

Waktu pengerjaannya sendiri saat ditemui di acara TikTok oleh media, Eva mengaku sudah menghabiskan waktu 19 hari pengerjaan, dan banyak kendala yang dihadapi. "Ya kendalanya pasti kaya capek, pegal juga, kadang aku juga ke tukang urut kan, dan banyak deh," tandasnya.