Lahirnya Aktor <i>Home Alone</i> Macaulay Culkin dalam Sejarah Hari Ini, 26 Agustus 1980
Macaulay Culkin bersama orang tuanya (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 26 Agustus 1980, aktor Macaulay Culkin lahir di dunia ini. Macaulay Culkin dikenal sebagai Kevin, perannya dalam Home Alone. Home Alone memberikan Culkin ketenaran hingga kini. Home Alone menjadi film terlaris pada 1990 dan melahirkan sekuel yang sedikit kurang sukses, Home Alone 2: Lost in New York pada 1992.

Home Alone bukanlah film pertama Culkin. Culkin memulai karier aktingnya sejak berusia empat tahun dan penampilan pertamanya di panggung teater. Culkin mempelajari seni pertunjukan secara ekstensif, termasuk pelatihan di Balanchine's School of the American Ballet dan muncul di berbagai iklan televisi. Debut layar lebar Culkin adalah 'Rocket Gibraltar' pada 1988. Akting Culkin begitu menawan ketika berakting di film komedi pada 1989 yaitu 'Uncle Buck.' Dari perannya di Uncle Buck, ia menjadi aktor cilik favorit Hollywood.

Mengutip Biography, Macaulay Culkin juga mengesankan penonton dan kritikus dengan penampilannya yang tulus dan menawan sebagai sahabat seorang gadis muda bermasalah dalam film 'My Girl' yang penuh air mata pada 1991. Film-film berikutnya, termasuk 'The Good Son' pada 1993 dan Richie Rich pada 1994. Sayangnya film tersebut kurang memuaskan dan popularitas Culkin mulai memudar.

Culkin yang bekerja sedari kecil, kembali mendapatkan beban ketika kedua orang tuanya Patricia Brentrup dan Christopher (Kit) Cultin berpisah pada Maret 1995 setelah tinggal bersama selama lebih dari 20 tahun. Sejak saat itu, keduanya terlibat dalam pertempuran hak asuh anak yang pahit. Kedua orang tua Macaulay Culkin adalah manajernya. Mereka berdua tidak hanya memperebutkan siapa yang akan membesarkan anak-anak tetapi, kemungkinan besar, siapa yang akan terus mengelola karier dan kekayaan Macaulay Culkin.

Patricia Brentrup dan Kit Culkin membagi komisi 15 persen untuk pendapatan putra mereka dan sisanya dimasukkan ke dalam dana perwalian. Praktik ini legal tetapi kontroversial, meskipun beberapa pendukung hak anak membelanya. Brentrup akhirnya memenangkan hak asuh.

Namun Setelah perselisihan hak asuh antara ibu dan ayah Culkin, ia menggugat kedua orang tuanya untuk menghapus mereka sebagai wali sah agar dapat mengendalikan kekayaannya yang saat itu sebesar 17 juta dolar AS. Akuntan keluarga, Billy Breitner, akhirnya bertanggung jawab atas keuangan Culkin yang saat itu masih berusia 15 tahun sampai dia berusia 18 tahun. Culkin juga perlahan absen dari hadapan publik.

Setelah absen lama, Culkin muncul pada 2003. Culkin membintangi Party Monster, sebuah kisah nyata tentang naik turunnya seorang promotor klub. Film lainnya termasuk Saved! dan Sex and Breakfast pada 2007.

Macaulay Culkin (Instagram @culkamania)

 

Penggunaan narkoba

Pada September 2004, Culkin ditangkap oleh pihak berwenang di Oklahoma karena memiliki 17,3 gram mariyuana dan dua zat yang tidak dia resepkan. Dia diberi hukuman satu tahun penjara namun ditangguhkan dan dikenakan biaya pengadilan 450 dolar AS.

Banyak orang berspekulasi bahwa absen panjang Culkin dari dunia Hollywood dikarenakan narkoba mengambil alih hidupnya. Banyak tabloid yang mendokumentasikan penampilan Culkin yang terlihat kurus, keriput, dan memiliki tatapan kosong. Namun Culkin memiliki suatu pandangan terkait penggunaan obat terlarang.

"Saya tidak akan menjadi orang seperti sekarang ini jika saya tidak mengonsumsi narkoba dalam hidup saya di beberapa titik atau lainnya," kata Culkin dalam sebuah wawancara yang dikutip IB Times pada 2020.

Di sisi lain, Culkin mengakui bahwa menggunakan narkoba adalah tindakan bodoh meski dia memiliki beberapa "pengalaman yang mencerahkan" dan tidak menyesalinya. Namun dia menolak pernyataan bahwa dia memiliki ketergantungan akan narkoba.

"Jadi selain pelemas otot, tidak, saya tidak menggunakan narkoba untuk rekreasi," kata Culkin. “Saya memang memang menyukai (narkoba) dan (narkoba) seperti teman lama. Tapi kadang-kadang Anda memiliki ruang sendiri dari teman-teman Anda.”

Culkin tidak pernah menyamakan mengonsumsi narkoba dengan kebahagiaan. Faktanya, Culkin berpikir bahwa seseorang bisa bersenang-senang tanpa benar-benar bahagia dan juga sebaliknya.

“Anda bisa memiliki keduanya (bersenang-senang dan bahagia). Hanya saja, jangan bingung akan keduanya,” kata Culkin, lebih lanjut menyatakan bahwa mengalami euforia karena narkoba tidak berarti dia mendapatkan kebahagiaan.

“Saya telah dituduh memiliki masalah narkoba, tetapi tuduhan tersebut tidak ada yang benar. Narkoba adalah hal termudah yang pernah saya lakukan dalam hidup saya,” ujar Culkin.

Culkin sempat kembali di dunia akting dengan muncul dalam film buatan temannya, Seth Green, berjudul Changeland. Culkin bahkan mengikuti audisi untuk Once Upon a Time in Hollywood karya Quentin Tarantino, meski demikian Culkin tidak terlalu aktif di dunia akting. Namun Macaulay Culkin akan terus memiliki gambaran aktor cilik Hollywood yang sukses.

*Baca Informasi lain soal SEJARAH HARI INI atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya