Mengenang Heath Ledger, Sang Pemeran Joker yang Ikonik
Heath Ledger. (Foto: Twitter @WINCHESTR)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 4 April 1979, aktor Heath Ledger lahir di dunia. Heath Ledger adalah seorang aktor berbakat yang sangat ikonik.

Ia dibesarkan oleh seorang ibu bernama Sally Ledger Bell, yang merupakan seorang guru bahasa Prancis, dan ayah bernama Kim Ledger, seorang pebalap mobil dan spesialis pertambangan.

Heath Ledger dan saudara perempuannya, Kate, memiliki nama yang terinspirasi dari dua karakter utama di Wuthering Heights oleh Emily Brontë. Heath Ledger juga memiliki dua saudara tiri yakni Ashleigh Bell dan Olivia Ledger.

Kedua saudara tirinya itu, dilahirkan dalam pernikahan kedua orang tuanya. Tapi hubungan Heath yang paling dekat adalah dengan Kate, yang juga paling mendukung karier aktingnya.

Heath Ledger merasa bahwa ia dapat mengeluarkan emosinya lewat akting dan koreografi. Selama ia bersekolah, Heath Ledger terus berusaha agar dia selalu mendapatkan peran dalam drama. Dari situ, ia akhirnya mencoba layar lebar dalam film 'Clowning Around' dan kemudian muncul di serial TV Ship To Shore.

Pada usia 16 tahun, Heath Ledger menyelesaikan ujian kelulusan dan melakukan perjalanan lintas negara dari rumahnya, di Perth, Australia, ke Sydney untuk mengejar karier akting dengan teman lamanya, Trevor DiCarlo.

Setelah berbagai peran kecil di televisi, akhirnya Heath Ledger debut di film pada 1997, dengan film Blackrock. Atas perannya di film tersebut, ia kembali dipercaya bermain di layar lebar sebagai peran utama dalam seri fantasi Roar. Serial ini dinominasikan untuk beberapa penghargaan dan mengekspos Heath Ledger pada audiens di Amerika Serikat.

Berkarier di Hollywood

Melansir Biography Sabtu 4 April, disebutkan bahwa Heath Ledger benar-benar terkenal di mata audiens internasional dengan perannya yang luar biasa bersama Julia Stiles dalam film 10 Things I Hate About You pada 1999. Film ini sangat sukses dan digandrungi oleh kalangan anak-anak muda pada masa itu.

Meskipun usianya masih muda dan relatif tidak berpengalaman, ia mampu mengalahkan elite Hollywood untuk peran utama dalam film-film ternama. Mel Gibson memberinya peran sebagai putranya, Gabriel Martin di The Patriot (2000).

Bakat Heath Ledger kembali diuji dalam Monster's Ball (2000). Sementara di film A Knight's Tale (2001) yang sangat eksperimental menampilkan kemampuan Ledger sebagai aktor sejati.

Eksposurnya dalam film-film ini, ditambah dengan reputasinya yang semakin berkembang sebagai playboy Hollywood, membuat majalah People menyebut Ledger sebagai salah satu dari "50 Orang Tertampan" pada 2001.

Peran Ikoniknya sebagai Joker

Meskipun pada awalnya banyak yang menentang Heath Ledger untuk memerankan Joker dalam The Dark Knight, namun pada akhirnya ia mendapatkan pujian dari para kritikus dan penonton.

Hal ini bukanlah prestasi main-main karena sebelumnya, karakter buku komik legendaris tersebut telah diperankan oleh aktor terkenal seperti Cesar Romero dan Jack Nicholson. Keduanya masih sangat kental dengan peran Joker pada saat itu.

Agar maksimal, Heath Ledger memaksa dirinya secara fisik dan mental untuk memerankan Joker. Ia mengisolasi dirinya selama lebih dari sebulan hingga ikut menentukan riasan Joker-nya dan ikut memilih pakaian.

Ledger berusaha keras mengatur penampilannya agar tidak sama dari para pendahulunya. Upaya ekstrem ini membuatnya selalu kelelahan dan kurang tidur.

Heath Ledger memiliki sejarah panjang masalah tidur. Ia dilaporkan berjuang selama bertahun-tahun untuk mengatasi insomnia jauh sebelum memerankan Joker. Namun, insomnia kronisnya menjadi lebih parah setelah syuting The Dark Knight.

Pada 22 Januari 2008, Ledger ditemukan tidak sadarkan diri di tempat tidurnya oleh asisten rumah tangganya, Teresa Solomon, dan terapis pijatnya Diana Wolozin. Ia ditemukan di apartemennya di SoHo, Manhattan, AS.

Tim medis tiba di apartemen Ledger pada pukul 3:33 sore, tetapi tidak berhasil menyelamatkan nyawanya. Pada pukul 3:36 sore, Heath Ledger dinyatakan meninggal dunia.

Pada saat kematiannya, Heath Ledger tengah dalam proses syuting The Imaginarium of Doctor Parnassus karya Terry Gilliam. Adegan yang menempatkan Heath Ledger di dunia yang realistis telah selesai di London. Setelah kematiannya, peran Ledger diubah oleh aktor baru yang menggambarkan bahwa fisiknya telah berubah di dunia magis. Film ini juga dimainkan oleh Johnny Depp, Jude Law dan Colin Farrell. Film ini ditayangkan perdana pada 25 Desember 2009.

I Am Heath Ledger, sebuah film dokumenter panjang menggunakan rekaman yang Heath Ledger buat sendiri, dirilis di bioskop dan ditayangkan pada Mei 2017.