30 Januari dalam Sejarah: Mahatma Gandhi Tewas Dibunuh
Mahatma Gandhi (Wikimedia Commons/Studio photograph of Mohandas K. Gandhi, London, 1931)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 30 Januari 1948, Mohandas Karamchand Gandhi atau dikenal juga dengan nama Mahatma Gandhi, tewas terbunuh di New Delhi. Gandhi adalah pemimpin politik dan spiritual gerakan kemerdekaan India yang tewas di tangan seorang ekstremis Hindu. 

Terlahir sebagai putra seorang pejabat India pada 1869, ibu dari Mahatma Gandhi, Waisnawa Gandhi, sangat religius dan sejak awal memaparkan putranya pada Jainisme, keyakinan di India yang secara moral ketat mengajarkan tidak adanya kekerasan.

Gandhi adalah seorang siswa yang biasa-biasa saja tetapi pada 1888 diberi kesempatan untuk belajar hukum di Inggris. Pada 1891, ia kembali ke India, tetapi gagal mendapatkan pekerjaan legal reguler. Ia lalu mendapatkan pekerjaan pada 1893 dengan kontrak satu tahun di Afrika Selatan.

Mengutip laman History, Sabtu 30 Januari 2021, setelah menetap di Natal, Afrika Selatan, dia menjadi sasaran rasisme dan hukum Afrika Selatan yang membatasi hak-hak buruh India. Gandhi kemudian mengingat satu kejadian di mana dia dikeluarkan dari kompartemen kereta api kelas satu dan terlempar dari kereta. Sejak saat itu, dia memutuskan untuk melawan ketidakadilan dan membela hak-haknya sebagai seorang India dan seorang manusia. 

Ketika kontraknya habis, dia secara spontan memutuskan untuk tetap tinggal di Afrika Selatan dan meluncurkan kampanye menentang undang-undang yang akan mencabut hak orang India untuk memilih. Gandhi lalu membentuk Kongres Natal India dan menarik perhatian internasional pada penderitaan orang India di Afrika Selatan.

Pada 1906, pemerintah Transvaal berusaha untuk lebih membatasi hak-hak orang India dan Gandhi mengorganisir kampanye satyagraha pertamanya, atau pembangkangan sipil massal. Setelah tujuh tahun protes, dia merundingkan kesepakatan kompromi dengan pemerintah Afrika Selatan.

Pada 1914, Gandhi kembali ke India dan menjalani kehidupan pantang dan spiritualitas di pinggiran politik India. Dia mendukung Inggris dalam Perang Dunia Pertama, tetapi pada 1919 meluncurkan satyagraha baru sebagai protes atas wajib militer Inggris untuk orang India. Ratusan ribu orang menjawab seruannya untuk memprotes dan pada 1920, Gandhi menjadi pemimpin gerakan kemerdekaan India. 

Gandhi lalu mengatur ulang Kongres Nasional India sebagai kekuatan politik dan melancarkan boikot besar-besaran terhadap barang, jasa, dan institusi Inggris di India. Kemudian, pada 1922, dia tiba-tiba membatalkan satyagraha ketika kekerasan meletus. Satu bulan kemudian, Gandhi ditangkap oleh otoritas Inggris karena melakukan penghasutan dan dinyatakan bersalah. Gandhi pun dipenjara.

Setelah dibebaskan pada 1924, dia memimpin protes dengan berpuasa atas kekerasan Hindu-Muslim. Pada 1928, Gandhi kembali ke politik nasional ketika dia menuntut status dominasi untuk India dan pada 1930 melancarkan protes massal terhadap pajak garam Inggris, yang merugikan rakyat miskin India. 

Dalam kampanye pembangkangan sipilnya yang paling terkenal, Gandhi dan para pengikutnya berbaris ke Laut Arab, tempat mereka membuat garam sendiri dengan menguapkan air laut. Pawai, yang mengakibatkan penangkapan Gandhi dan 60.000 orang lainnya, mendapatkan penghormatan dan dukungan internasional untuk kepemimpinannya dan gerakannya.

Pada 1931, Gandhi dibebaskan untuk menghadiri Konferensi Meja Bundar di London, ia menjadi satu-satunya perwakilan Kongres Nasional India. Pertemuan itu sangat mengecewakan, setelah kembali ke India Gandhi dipenjara lagi.

Saat di penjara, dia kembali memimpin puasa sebagai protes atas perlakuan pemerintah Inggris terhadap "orang-orang tak tersentuh" ​​atau orang-orang India yang miskin dan terdegradasi yang menempati tingkat terendah dalam sistem kasta. 

Pada 1934, Gandhi memutuskan untuk keluar dari Partai Kongres India dan bekerja demi pembangunan ekonomi banyak orang miskin di India. Anak didiknya, Jawaharlal Nehru, ditunjuk sebagai pemimpin partai menggantikannya.

Dengan pecahnya Perang Dunia II, Gandhi kembali ke politik dan menyerukan kerja sama India dengan upaya perang Inggris dengan imbalan kemerdekaan. Inggris menolak dan berusaha untuk memecah belah India dengan mendukung kelompok Hindu dan Muslim konservatif.

Sebagai tanggapan, Gandhi meluncurkan gerakan "Keluar dari India" pada 1942, yang menyerukan penarikan total Inggris. Gandhi dan para pemimpin nasionalis lainnya dipenjara hingga 1944.

tahun 1945, pemerintahan baru berkuasa di Inggris dan negosiasi untuk kemerdekaan India dimulai. Gandhi ingin India yang bersatu, tetapi Liga Muslim, yang semakin berpengaruh selama perang, tidak setuju.

Setelah pembicaraan yang berlarut-larut, Inggris setuju untuk membentuk dua negara merdeka baru India dan Pakistan pada 15 Agustus 1947. Gandhi sangat tertekan oleh pemisahan tersebut, kekerasan berdarah segera pecah antara umat Hindu dan Muslim di India.

Dalam upaya untuk mengakhiri perselisihan agama di India, Gandhi kembali melakukan puasa dan mengunjungi daerah-daerah yang bermasalah. Dia berada di salah satu acara di New Delhi ketika Nathuram Godse, seorang ekstremis Hindu yang keberatan dengan toleransi Gandhi terhadap Muslim, menembaknya secara fatal.

Gandhi pun akhirnya dikenal sebagai Mahatma atau "jiwa yang agung" selama masa hidupnya. Metode pembangkangan sipil yang dilakukan Gandhi memengaruhi para pemimpin gerakan hak-hak sipil di seluruh dunia, terutama Martin Luther King, Jr. di Amerika Serikat.