Bagikan:

JAKARTA - Lincah, berani, kriminal, merupakan gambaran yang paling melekat pada seorang legenda penjahat era koboi pada abad 19, Billy the Kid. Konon selama 21 tahun hidup ia telah membunuh orang sejumlah usianya. Bila hitungannya dibagi rata, Billy seperti membunuh satu orang pertahun selama masa hidupnya.

Semasa hidup The Kid hampir dihabiskan untuk keluar masuk penjara. Ia berurusan dan ditangkap polisi pertama kali saat mencuri sekeranjang cucian. Peristiwa itu terjadi tepat hari ini, 23 September lebih dari seabad lalu atau pada 1875.

Namun dengan tubuh rampingnya, The Kid berhasil melarikan diri melalui cerobong asap dan melarikan diri ke Arizona. Di sana ia terlibat dalam pencurian kuda. 

Dua tahun kemudian The Kid kembali berulah dengan membunuh Frank Cahill, seorang pandai besi tentara di Fort Grant. Karena kejadian itu ia kembali ditangkap. Namun lagi-lagi ia berhasil melarikan diri dan akhirnya bekerja dengan John Tunstall.

Seperti dilansir laman Spartcus Educational, The Kid bekerja sebagai pencuri kuda di Arizona. Lalu setelah itu ia kembali ke Meksiko dan bergabung dengan sekelompok penembak jitu dan pencuri ternak yang terlibat dalam Perang Lincoln County. 

Perang Lincoln County adalah sebuah perang yang terkenal antara peternak dan faksi pedagang di Lincoln County pada 1878. Setelah itu, Billy the Kid yang memiliki tubuh ramping, gigi depan bengkok yang menonjol dan suka menyanyi, pergi kabur dan melanjutkan kehidupan penjahatnya yaitu mencuri ternak dan kuda, berjudi, dan membunuh orang.

Billy the Kid dinyatakan bersalah membunuh sheriff bernama William Brady dan ditahan di penjara Lincoln sambil menunggu untuk dieksekusi gantung pada 13 Mei 1881. Namun, Billy membunuh dua penjaga (J.W. Bell dan Bob Olinger) dan melarikan diri saat seorang sheriff yang bertugas menangani kasusnya bernama Pat Garrett, sedang pergi mengumpulkan pajak.

Garrat akhirnya mengetahui persembunyian Billy the Kid yang berada di Fort Sumner. Bersama para deputinya, John Poe dan Thomas McKinney, Garratt menuju Fort Sumner. Pada 14 Juli 1881, Garratt membunuh Billy the Kid dalam baku tembak di sebuah ruangan gelap di rumah Pete Maxwell.

Belakangan diklaim bahwa Billy the Kid membunuh 21 orang dalam 21 tahun hidupnya. Namun, sebagian besar ahli percaya dia hanya bertanggung jawab atas sembilan kematian.

Melegenda

Pasca kematiannya, Billy the Kid semakin terkenal dan melegenda. Ia menjadi simbol terkenal Old West bersandingan dengan Kit Carson, Jesse James, Wild Bill Hickok, Doc Holliday dan Wyatt Earp. 

Kisah Billy the Kid dimitologi dan diromantisasi dalam banyak film, buku, acara TV, dan lagu. Setiap tahun, wisatawan mengunjungi Fort Sumner untuk melihat Museum Billy the Kid dan makamnya.

Billy the Kid terlahir dengan nama William Henry McCarty Jr. pada 23 November 1859, di New York. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awalnya, tetapi diyakini bahwa ayahnya meninggal atau meninggalkan keluarga ketika Billy masih sangat muda. Billy the Kid menjadi yatim piatu pada usia 15 tahun ketika ibunya meninggal karena tuberkulosis. Tak lama kemudian, dia dan saudaranya terlibat dalam pencurian kecil-kecilan.

Dikutip dari Biography, Billy bertubuh ramping, berambut pirang, dan bermata biru, serta mengenakan topi sombrero khas dengan pita dekoratif lebar. Dia bisa memesona dan sopan pada suatu saat, kemudian marah dan kasar pada saat berikutnya. Sifatnya yang pemurah dia gunakan untuk memberikan pengaruh besar selama perampokannya. 

Legenda Billy the Kid muncul kembali pada November 2017. Saat itu seorang pengacara Carolina Utara mengungkapkan bahwa dia sadar membeli tintype --medium foto berupa lempengan logam tipis yang dilapisi dengan pernis gelap atau enamel-- yang menampilkan Billy the Kid dan pemnembaknya, Sheriff Garrett.