5 Sinyal Kim Seon Ho Tak Kena Dampak <i>Cancel Culture</i>
Kim Seon Ho (Instagram @kimseonho_staff.diary)

Bagikan:

JAKARTA - Cancel culture di Korea Selatan memang terus berkembang dan menjadi kebiasaan. Istilah cancel culture merujuk pada sebuah praktik dimana netizen berusaha beramai-ramai ‘menolak’ seseorang untuk tampil di depan publik.

Cancel culture berdampak pada karier atau aktivitas yang sedang dikerjakan oleh individu. Hal ini kembali muncul setelah aktor Kim Seon Ho membagikan pernyataan kalau dia adalah pria dalam postingan rumor tentang aktor K.

Seminggu berlalu sejak kejadian mencuat ke publik. Berbagai bukti dan kronologi mulai dibagikan kepada publik. Di balik itu, ternyata Kim Seon Ho masih mendapat dukungan dari netizen. Lima fakta dalam artikel ini bisa jadi sinyal bahwa pemeran Hong Du Sik itu tidak kena cancel culture. Simak di sini!

Brand Rilis Foto

Di antara 11 brand yang menghapus atau menyembunyikan foto Kim Seon Ho, sejauh ini ada dua brand yang memasang kembali (unarchive) foto iklannya. Dua brand itu adalah Miima Mask dan FoodBucket. Video iklan yang dibintangi Kim Seon Ho juga kembali muncul di publik.

Pemotretan Majalah

Diketahui di tengah rumor sedang bergulir, majalah Arena Homme+ Korea merilis video wawancara Kim Seon Ho untuk edisi November mendatang. Setelah itu mereka menghapus konten setelah sang aktor mengaku sebagai aktor K.

Sementara itu, fotografer majalah ini, Kim Yeongjun membagikan pemotretan Kim Seon Ho Arena Homme+ Korea pada Jumat, 29 Oktober.

Billboard

Tidak hanya media sosial, dukungan penggemar terhadap Kim Seon Ho juga terasa. Beberapa billboard dipasang oleh seorang penggemar asal China di Korea Selatan.

Billboard ini menampilkan potongan video Kim Seon Ho dengan tulisan, “Kami akan selalu mendukung Kim Seon Ho dengan hati kami untuk selamanya.”

Dukungan Hometown ChaChaCha

Seiring kontroversi bergulir, para kru dan pemain drama Korea Hometown ChaChaCha mengunggah foto bersama Kim Seon Ho. Hal ini diduga sebagai bentuk dukungan mereka terhadap sang pemeran utama.

Beberapa kru mengunggah foto-foto Kim Seon Ho dan menulis, “Jangan khawatir Hong Bang Jang (nama panggilan Hong Du Sik)”, “Semangat Chief Hong!!” “Chief Hong, kamu kuat!” “Kami menikmati waktu dengan baik, Seon Ho. Aktingmu, karaktermu adalah yang terbaik”

Aktor Jo Han Chul dan Ko Do Yeon juga mengunggah foto dengan Kim Seon Ho dari syuting Hometown ChaChaCha.

Pimpin Voting

Kim Seon Ho masuk ke nominasi Asia Artist Awards 2021 di kategori Popularity Actor. Hingga saat ini, namanya memimpin posisi nomor satu dan diprediksi memenangkan kategori tersebut.

Pada urutan kedua, ada Cha Eun Woo ASTRO, disusul Doyoung NCT, Jinyoung GOT7, Song Joong Ki, Hwang Min Hyun NUEST, Song Kang, Lee Do Hyun, Lee Seung Gi, dan Lee Joon Ki.

Netizen pun terbelah menjadi dua. Satu sisi mereka mendukung Kim Seon Ho tapi tidak sedikit yang menolak agar sang aktor bisa kembali berkarier.

“Miima mask lebih baik dibandingkan agensinya. Saya senang mereka membuat keputusan yang berani. Bisnis mereka akan berkembang,” kata netizen mengutip Everyday Economy via Naver.

“Seharusnya tidak ada yang menghalangi Kim Seon Ho kembali di sini. Fakta bahwa industri sangat cepat mencabut iklannya mempertanyakan industri tersebut~ Konsumen harus memboikot perusahaan yang meminta penalti dari Kim Seon Ho.”

“Kita harus menunggu hasil akhir dibanding berpihak, dan sejauh ini Kim Seon Ho lebih banyak mengalami kerugian.”

“Berharap jalan yang berbunga untuk karier aktingnya. Kebenaran akan selalu menang.”