Mengenal Pescatarian, Diet Vegetarian yang Perbolehkan Konsumsi Makanan Laut
Ilustrasi (Roman Odintsov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pescatarian adalah seseorang yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam diet vegetarian. Ada banyak alasan orang memilih untuk tidak makan daging, tetapi tetap makan ikan.

Beberapa orang memilih untuk menambahkan ikan ke dalam pola makan vegetarian sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan ikan yang menyehatkan jantung. Sedangkan mereka yang memutuskan untuk tidak mengonsumsi ikan alasannya karena ingin mempertahankan ekosistem hewan laut dan juga karena tidak menyukai ikan.

Melansir laman Healthline, Kamis, 7 Oktober, ada beberapa manfaat yang bisa dirasa saat menjadi pescatarian, yaitu diantaranya;

Mendapat Lebih Banyak Omega-3

Ikan adalah makanan terbaik untuk mendapatkan asam lemak omega-3. Beberapa makanan nabati, termasuk kenari dan biji rami, mengandung asam alfa-linolenat (ALA), sejenis lemak omega-3. Namun, jenis ALA ini tidak mudah diubah menjadi asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) di dalam tubuh. Anda bisa menemukan EPA dan DHA dalam ikan salmon dan ikan sarden. Nah, DHA dan EPA memiliki manfaat kesehatan yang baik seperti menyehatkan jantung, memperlancar fungsi otak, dan memperbaik suasana hati.

Meningkatkan asupan protein

Manusia hanya membutuhkan sekitar 0,8gram protein per 1kg berat badan setiap hari untuk tetap sehat. Itu berarti, orang dengan berat kira-kira 68kg membutuhkan sekitar 54gram protein setiap harinya. Sayangnya, banyak orang yang mengonsumsi protein dengan jumlah yang lebih dari itu. 

Diet tinggi protein sangat sulit dijalankan jika Anda hanya mengonsumsi jenis protein nabati. Apalagi jika Anda memutuskan tidak menambahkan karbohidrat dalam pola diet Anda. Untuk menambah asupan protein, perbanyaklah konsumsi ikan dan jenis makanan laut lainnya.

Memperkaya tubuh dengan nutrisi

Selain omega-3 dan protein, makanan laut juga kaya akan beberapa nutrisi lain. Misalnya, tiram kaya akan vitamin B12, seng dan selenium. Dalam satu tiram, mengandung 133% RDI untuk vitamin B12 dan 55% RDI untuk seng dan selenium.

Kerang juga sangat kaya akan vitamin B12 dan selenium, serta mangan dan vitamin B lainnya. Varietas ikan putih seperti cod dan flounder tidak menghasilkan banyak lemak omega-3, tetapi ini adalah sumber protein yang sangat rendah lemak.

Misalnya, 3 ons cod mengandung 19 gram protein dan kurang dari satu gram lemak. Cod juga merupakan sumber selenium yang sangat baik dan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B6 dan B12 yang sangat diperlukan tubuh.

Menambahkan makanan laut ke dalam diet vegetarian memberi Anda lebih banyak pilihan dan merupakan cara yang baik untuk mendapatkan protein, omega-3, dan nutrisi lainnya.