Daftar Rekor yang Diperoleh aespa Setelah Rilis <i>Savage</i>
Aespa (Foto: Soompi)

Bagikan:

JAKARTA - Comeback aespa lewat lagu Savage sangat dinantikan oleh publik pasalnya lagu mereka sebelumnya, Next Level menerima apresiasi positif. Berbagai rekor dicetak aespa dalam satu hari saja setelah perilisan Savage pada 5 Oktober lalu. 

“Saya sangat terkejut dan senang menerima apresiasi meskipun kami hanya rookies yang belum debut selama itu. Saya pikir banyak yang mendengarkan kami atau menonton penampilan kami karena mereka penasaran dengan avatar dan metaverse,” kata Winter mengutip Soompi.

Savage adalah sebuah lagu trap dengan paduan drum dan bass. Liriknya masih menceritakan dunia aespa dimana ae, avatar mereka membantu naevis untuk keluar dari KWANGYA dan menghadapi Black Mamba.

Lagu Savage dibuat dan ditulis oleh Kirsten Collins, Jia Lih, Yoo Young Jin, dan Hautboi Rich. Savage pun semakin menajamkan kualitas vokal keempat anggota aespa: Karina, Winter, Ningning, dan Giselle. Terdengar mereka menampilkan high note sepanjang lagu tidak lupa bagian bridge yang diisi harmonisasi Winter dan Ningning.

“Kami mencoba untuk menampilkan sudut pandang dan SMCU (SM Culture Universe) dengan berbagai cara melalui animasi, avatar, grafis. Untuk mengekspresikan sudut pandang dunia secara intens, kami memakai genre metaverse,” kata Karina dikutip SportsChosun.

Savage menyapu bersih seluruh tangga musik lokal dan internasional. Menilik tangga musik, lagu Savage menempati peringkat satu di sejumlah tangga musik lokal yaitu Melon, Genie, dan Bugs.

Selain itu, album mini mereka juga langsung menempati peringkat teratas di iTunes 17 negara yaitu Australia, Brazil, Jepang, New Zealand, Rusia, Denmark, Vietnam, Filipina, Peru, India, Malaysia, Oman, Indonesia, Taiwan, Kazakhstan, Laos, dan lainnya.

Lagu Savage milik aespa juga berada di peringkat atas di tangga musik QQ Music dari China dan AWA dari Jepang. Video musik Savage juga sudah ditonton lebih dari 32 juta kali setelah satu hari dirilis.