Sedot 28 Ribu Pengunjung, Cannes Film Festival 2021 Berhasil <i>Zero Cluster</i> COVID-19
Cannes Film Festival 2021

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan Cannes Film Festival 2021 di masa pandemi menjadi catatan tersendiri bagi penyelenggaraan event besar usai ditutup waktu lalu. Dikutip dari Variety, Cannes mengeluarkan lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14,5 miliar untuk melakukan tes Covid-19 secara gratis dan reguler kepada 28 ribu pengunjung.

"Ini merupakan festival yang luar biasa. Kami berhasil melakukannya di waktu yang tepat dan dalam kondisi hampir normal. Terima kasih pada protokol yang cerdas dan bertanggung jawab," kata Direktur Artistik Festival Thierry Frémaux pada penutupan Cannes Film Festival, Sabtu, 17 Juli waktu setempat.

Hingga saat ini tidak ada laporan tentang klaster atau kasus besar di Cannes. Hal ini menampik desas-desus mengenai Presiden Prancis Emmanuel Macron akan menutup festival itu juga terbukti tidak berdasar.

Bisnis film yang dilakukan antara distributor dengan produser ataupun sineas di Cannes Film Festival belum maksimal seperti waktu normal. Banyak distributor masih ragu untuk menayangkan film di bioskop, dan masih menghitung-hitung efektivitas penjualan tiket terkait dengan kondisi pandemi yang melanda dunia.

Namun ketika pandemi usai, Cannes menghasilkan cukup banyak daftar film yang bisa membuat kebanyakan pembeli alias distributor bahagia.

Bagaimana Cannes Film Festival bisa mengusahakan zero cluster COVID-19 dengan ribuan pengunjung? Selain tes Covid-19 secara gratis dan reguler kepada 28 ribu pengunjung, mereka juga memberi akses pengunjung yang berasal dari Uni Eropa tak harus mengikuti tes Covid-19 apabila bisa menunjukkan bukti vaksinasi. 

Bintang-bintang papan atas seperti Matt Damon, Regina King dan Timothée Chalamet hadir, serta menayangkan film nonstop dalam dua minggu di tengah pandemi.

Banyak distributor independen seperti Neon, A24, IFC Films, dan Sony Pictures Classics pulang dari Prancis dengan judul-judul baru yang siap mereka tayangkan di masa mendatang.

"Tidak ada yang akan menggantikan pengalaman hebat menonton film di layar lebar saat festival," kata Grégoire Melin of Kinology, salah satu yang bertanggung jawab atas penjualan film Annette.