Momen Iduladha, Inilah Foto Terakhir Ayu Ting Ting dengan Lee Su Ho Sebelum Dia Menutup Mata
Ayu Ting Ting bersama sapi kurban miliknya yang diberinama Lee Su Ho. (Instagram @ayutingting92)

Bagikan:

JAKARTA - Ayu Ting Ting tampak mengusap-usap kepala Lee Su Ho. Ya Lee Su Ho, sebuah nama yang sematkan untuk seekor sapi berkelir cokelat dan putih  yang akan disembelih untuk ritual ibadah kurban dalam rangka Iduladha tahun ini. Sebelum disembelih Ayu dan keluarga berfoto bersama dan juga menyampaikan pesan untuk si sapi pada Selasa 20 Juli. Apa pesannya?

Ayu Ting Ting memang salah satu artis yang suka sekali dengan hal yang bernuansa Korea, mulai dari lagu, drama Korea, artis-artis Korea dan sebagainya. Tak heran kalau satu di antara keempat sapi yang dikurbankan Ayu Ting Ting dan keluarga tahun ini diberi nama Lee Su Ho. Ini adalah nama tokoh dalam drama koran True Beauty yang diperankan oleh aktor Cha Eun Woo. 

Dari sisi ini pelantun tembang Alamat Palsu ini memang kreatif. Sampai-sampai sapi yang ingin disembeli disematkan nama yang diimpor dari negeri gingseng.  Bukan nama Indonesia seperti presenter Irfan Hakim yang menyematkan nama Grandong untuk sapi yang akan ia kurbankan.

Ayu Ting Ting, Abdul Rozak, Syifa dan keluarga lainnya berfoto bersama Lee Su Ho. (Insatgram @ayutingting92)
Ayu Ting Ting, Abdul Rozak, Syifa dan keluarga lainnya berfoto bersama Lee Su Ho. (Insatgram @ayutingting92)

Kini Menyembelih di RPH

Pada hari raya iduladha, Ayu menyambangi salah satu rumah potong hewan (RPH) untuk penyembelihan. Ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya sapi kurban keluarga Ayu disembelih di dekat rumahnya. Dia juga membentuk panitia kurban sendiri untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dan sekaligus pendistribusiannya kepada warga yang berhak menerimanya. Namun tahun ini hal itu tak bisa dilakukan karena pandemi COVID-19 dan PPKM Darurat. Itulah mengapa, penyembelihannya diserahkan ke petugas jagal di RPH terdekat dari rumahnya.

"Ini namanya Lee Su Ho, ya Lee Su Ho," kata Ayu melalui lama media sosial miliknya yang sudah terverivikasi. Ia mengusap-usap kepala sapi jumbo itu.   "Jangan sedih ya. Ikhlas aja ya, semoga bermanfaat. Sarange," sambungnya dengan menyematkan bahasa Korea yang berarti aku cinta kamu. Coba kalau si sapinya tahu diucapkan begitu sama Ayu Ting Ting

Sebelum dilakukan penyembelihan, Ayu menyerahkan sapi tersebut secara simbolis kepada pihak yang bertugas menyalurkan daging kurban dari sapi tersebut. Ayu yang didampingi keluarganya ikut mengabadikan diri dengan Lee Su Ho sebelum ia pergi untuk selamanya.  

Ayu Ting Ting melepas Lee Su Ho sebelum disembelih. (Insatgram @ayutingting92)
Ayu Ting Ting melepas Lee Su Ho sebelum disembelih. (Insatgram @ayutingting92)

Takbir

Sejurus kemudian Ayu ikut menyaksikan prosesi penyebelihan si Lee Su Ho. Sapi itu meronta-ronta. Namun petugas jagal lebih sigap. Ayu berani menyaksikan prosesi penyembelihan sapinya ini. Ia tak henti mengumandangkan takbir saat Lee Su Ho disembelih dan bersimbah darah. "Allahu Akbar, Allahu Akbar,  Allahu Akbar..," begitu Ayu melantunkan kalimat takbir itu sampai si sapi tak bergerak lagi.

Dia juga mengucapkan selamat hari raya Iduladha kepada semua penguikutnya. "Selamat hari raya idul adha 1442 H πŸ™πŸ»Minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin semua β€οΈπŸ˜˜πŸ™πŸ» selamat hari raya qurban....smg qurban kita berkah utk semuanya amin ya Allah," tulis ibunda dari Bikqis Khumaira Razak itu.

Meski tahun ini masih pandemi COVID-19 dan PPKM Darurat Ayu Ting Ting dan keluarga tetap melaksanakan ibadah qurban pada Iduladha kali ini. Namun kali ini penyembelihan di lakukan di RPH. Sedangkan untuk salat Iduladha dilakukan di teras rumahnya di bilangan Depok, Jawa Barat pada Selasa 20 Juli.