Sering Hilang Fokus? Mungkin Ini Tanda Anda Butuh Liburan
Ilustrasi (Willian Justen de Vasconcellos/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sering kali kita merasakan kelelahan ketika bekerja. Perasaan jenuh sering datang menghampiri pikiran sehingga membuat motivasi bekerja semakin kurang. Beban pekerjaan pun semakin hari semakin terasa berat dan tak jarang membuat pikiran stress.

Namun, tak jarang juga rasa untuk mengambil cuti libur dirasa sangat menyayangkan. Menurut Michael Kerr, Pembicara bisnis internasional, dilansir dari businessinsider.com.au, beberapa orang sebenarnya adalah seorang workaholic. Banyak karyawan yang mereka terlalu dekat dengan pekerjaannya dan juga merasa takut jika mereka merasa jauh dari pekerjaannya jika mereka mengambil cuti liburnya.

Hal ini yang menyebabkan adanya motivasi kerja yang kurang, produktivitas menurun sehingga terkadang ceroboh dalam melakukan pekerjaan.

Tak ada salahnya, kalau Anda merasa jenuh dengan pekerjaan Anda saat ini dan memutuskan untuk liburan. Tapi, cek dulu 5 tanda di bawah ini yang menandakan bahwa Anda memang benar-benar membutuhkan liburan, dilansir dari travelandleisure, Kamis, 10 Juni.

Memiliki Perasaan Negatif

Adanya rasa bosan dan kesulitan untuk membangun motivasi ketika bekerja menjadi salah satu tanda Anda butuh liburan. Semua hal yang berkenaan dengan pekerjaan cepat membuat Anda marah dan Anda juga sering tidak puas dan merasa tidak terpenuhi ketika Anda menjalani rutinitas harian pekerjaan Anda. Inilah saatnya Anda membutuhkan waktu untuk istirahat sejenak dari pekerjaan Anda.

Memiliki Fisik yang Tidak Sehat

Hormon stress yang dimiliki ketika Anda mulai lelah dengan pekerjaan akan menimbulkan beberapa gejala penyakit seperti pusing, mual, atau dada terasa sakit. Selain itu, sistem imun Anda juga akan semakin lemah jika Anda memaksakan untuk melakukan pekerjaan.

Insomnia

Hormon stress juga memiliki dampak terhadap sulit tidur. Menurut The American Psychological Association, kebanyakan milenial tidak tidur sesuai yang dianjurkan, yakni delapan jam setiap hari karena mereka tidak punya waktu. Namun, sebagian milenial lainnya mengatakan bahwa mereka tidak tidur karena memiliki banyak pikiran di kepalanya yang membuat sulit tidur.

Hilang Fokus

Ketika bekerja Anda seringkali melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak penting. Hal ini yang membuat pekerjaan Anda tidak cepat selesai. Adanya tanda ini mengartikan kalau Anda memang butuh liburan sejenak.

Selalu Memikirkan Pekerjaan

Ketika Anda sering memikirkan pekerjaan Anda meskipun sedang weekend, ini bisa jadi tanda kalau Anda memang butuh liburan. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda karena akan menimbulkan stres berat ataupun depresi.