3 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi saat Minum Kopi, Apa Saja Itu?
Ilustrasi (Albert S/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin banyak di antara Anda yang merupakan pecinta kopi, bukan? Sampai-sampai, Anda tak bisa mengawali hari tanpa menyeruput segelas kopi terdahulu. Tak hanya nikmat, Kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kopi tinggi akan kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya. Bahkan, Kopi dapat meningkatkan konsentrasi para penikmatnya. Kopi memang menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Biasanya, Kopi akan terasa lebih nikmat bila dinikmati dengan jenis makanan tertentu.

Tapi tahu tidak rupanya ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya dihindari saat minum kopi. Kalau tidak, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Penasaran jenis makanan apa saja yang perlu Anda hindari saat minum kopi? Berikut tiga di antaranya:

Daging

Mengapa daging tidak boleh dimakan bersamaan saat minum Kopi? Kopi mengandung tennate yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral di dalam makanan.

Minum Kopi dapat membuat Anda mengeluarkan zinc atau seng yang seharusnya Anda serap. Seperti yang dilansir dalam laman Healthy Eating, Minggu, 6 Juni, kopi dapat menyerap seng dalam tubuh. Untuk itu, Anda harus menghindari minum kopi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung Zinc. Seperti tiram, daging merah, unggas, dan kacang-kacangan. 

Susu

Mungkin tak sedikit di antara Anda yang mengkonsumsi kopi dan susu secara bersamaan di pagi hari. Mengonsumsi susu memang bisa mengganjal rasa lapar, begitupun dengan kopi bisa mengusir rasa kantuk.

Tapi, hal ini justru tak baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara bersamaan. Kopi dapat memengaruhi penyerapan kalsium pada tubuh, sehingga lebih banyak kalsium yang terbuang melalui urine.

Gorengan

Gorengan yang renyah memang terasa lebih nikmat bila dinikmati bersamaan dengan kopi. Namun, kebiasaan mengonsumsi keduanya secara bersamaan bisa membahayakan kesehatan.

Gorengan cenderung tinggi kandungan lemak jahat dan kolesterol. Jika dikombinasikan dengan kafein dalam kopi, hal ini bisa saja meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cepat.