7 Kuliner Nusantara Berbahan Dasar Rebung atau Tunas Bambu, Sudah Pernah Icip?
Ilustrasi lumpia rebung (Pexels/Benidiktus Hermanto)

Bagikan:

JAKARTA – Nusantara memiliki berbagai bahan baku untuk kuliner. Macam-macam kulinernya pun sangat kreatif dalam mengolah hasil bumi. Termasuk dalam mengolah tunas bambu atau lazim dikenal dengan rebung. Anda sudah pernah icip yang mana? Mari simak daftarnya.

Lumpia Semarang

Lumpia tidak hanya mudah ditemukan di setiap pojok kota Semarang. Lumpia yang berbahan rebung sangat dikenal di penjuru Nusantara, khususnya di Pulau Jawa. Namun, di luar pulau yang paling padat penduduk ini Lumpia juga tidak sulit untuk dijumpai.

Lumpia Semarang biasanya berisi rebung dengan berbagai campuran isian. Seperti telur puyuh, ayam, daging, dan tahu. Artinya, Anda dapat memilih sendiri campuran selain rebung dalam satu porsi Lumpia.

Gulai rebung Padang

Berbeda dengan Lumpia, gulai memang menjadi makanan khas Nusantara. Bumbu rempah yang kaya serta santan kelapa menjadi bahan utama Gulai rebung. Untuk racikan khas Padang, Anda pasti kerap menjumpainya di rumah makan yang menyajikan masakan Padang, Sumatra Barat.

Lodeh rebung kacang tolo

Bambu biasanya akan bertunas sepanjang tahun, khususnya saat curah hujan sedang hingga tinggi. Rebung bagi masyarakat Nusantara diolah juga menjadi makanan sehari-hari, disebut dengan lodeh rebung kacang tolo. Rasanya gurih bermandikan kuah santan dan potongan cabai.

Manisan rebung

Manisan rebung mungkin hanya ditemukan di beberapa kawasan Nusantara yang memiliki sumber bahan tunas bambu memadai. Di Riau misalnya, di kota ini bisa menjumpai manisan rebung kering dengan konsentrasi gula bervariasi, mulai dari yang samar-samar rasa manisnya hingga diselimuti karamel.

Opor rebung

Opor merupakan hidangan yang kerap disajikan saat lebaran atau hari besar lainnya. Tetapi untuk kuliner opor rebung dapat juga dicicipi ketika hari biasa. Ingin mencicipinya? Temukan masakan ini di warung yang menyajikan masakan rumahan.

Abon rebung

Abon berbahan daging sapi maupun daging ayam mungkin biasa Anda hidangkan di rumah. Tetapi bagaimana dengan abon rebung? Rasanya memang tak biasa, tetapi apabila diolah dengan tepat bau rebung akan sirna diganti dengan rasa gurih dan manis samar-samar.

Lêma

Makanan Nusantara selanjutnya disebut sebagai masakan khas Rejang yang berbahan rebung bambu dicincang dan dicampurkan dengan ikan mujair atau sepat. Setelah rebung dicincang dan dicampur ikan, kemudian difermentasi di atas daun pisang selama tiga hari.

Proses fermentasi ini menciptakan rasa asam dan apabila dimasak khas akan memendarkan rasa gurih dan pedas.