Bagikan:

YOGYAKARTA – Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan, beberapa sayuran juga dibutuhkan untuk menghasilkan produk baru. Hal itu jadi salah satu alasan mengapa ada sayuran yang harganya mahal. Lalu apa saja sayuran termahan di dunia?

Sayuran Termahal di Dunia

Dilansir dari situs World Metrics, ada beberapa sayuran yang dihargai dengan sangat mahal di pasaran. Bahkan harganya bisa mencapai puluhan ribu per kilogramnya. Beirkut ini daftar sayuran paling mahal di dunia.

  1. Hop Shoots

Hop shoots adalah tunas muda yang berasal dari tanaman hop. Tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bir hingga menghasilkan rasa yang lembut dan halus saat dikonsumsi.

Tunas muda tanaman hop dibanderol dengan harga yang sangat mahal yakni Rp15 juta per pon (0.453592 kg). Harganya bisa sangat mahal karena tunas tersebut tumbuh liar dan hanya dipanen oleh petani dengan cara manual. Produksinya yang terbatas menjadikan tunas hop makin banyak dicari.

  1. Wasabi

Makanan Jepang terutama sushi dan sashimi banyak menggunakan wasabi, yakni akar tanaman yang dipakai sebagai bumbu pedas. Harga bahan baku tanaman ini sangat mahal berkisar antara Rp1 hingga Rp3 juta per kg tergantung kualitasnya.

Wasabi bisa sangat mahal karena penanamannya tidak bisa sembarangan. Kondisi lingkungan seperti suhu air dan udara harus benar-benar spesifi. Pertumbuhan tanaman tersebut lambat serta rentan penyakit menjadikan tanaman tersebut terbatas dan harganya mahal.

  1. Fiddlehead Ferns

Pakis fiddlehead adalah tunas muda yang dijadikan sebagai makanan musiman. Sayuran ini sangat populer di banyak negara. Pakis fiddlehead bisa dijual mulai harga Rp300 ribu per setengah kilogramnya. Harga pakis ini mahal karena hanya bisa panen dalam waktu tertentu. Selain itu cara panennya harus sangat hati-hati.

  1. Rebung Premium

Rebung adalah tunas bambu muda yang banyak dijadikan sebagai sayuran. Rasanya renyah dan kaya akan gizi. Siapa sangka jika rebung premium bisa laku di pasaran dengan harga Rp300 ribu. Harga rebung yang mahal dikarenakan pemanenannya benar-benar memperhatikan usia tunas. Selain itu jenis tunas bambunya juga ikut menentukan harga rebung di pasar internasional.

  1. Labu Chayote

Labu chayote adalah sayuran hijau. Bentuknya menyerupai buah pir rasanya renyah dan biasa diolah di berbagai negara. Beberapa labu chayote dijual dengan harga murah, namun ada pula yang dijual dengan harga mencapai Rp100 ribu per 0,5 kg. Mahalnya labu jenis ini karena tanaman ini hanya bisa tumbuh di lingkungan yang cocok sehingga butuh biaya untuk dikirim.

  1. Lobak Semangka

Seperti namanya, lobak ini menyerupai buah semangka karena punya kulit hijau pucat sedangkan bagian dalam berwarna merah mudah cerah. Permintaan lobak semangka cukup tinggi namun suplainya sangat terbatas dan hanya bisa ditemukan di beberapa tempat. Sayuran ini dijual dengan harga rata-rata Rp150 ribu per0,5 kg.

 Itulah beberapa sayuran termahal di dunia. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.