Bagikan:

JAKARTA - Industri perfilman India dirundung duka cita. Aktor kenamaan Irrfan Khan meninggal dunia pada Rabu, 29 April akibat menderita infeksi usus besar. Ia meninggal pada usia 53 tahun.

Pada 2018, Irrfan didiagnosa memiliki tumor neuendrokin dan menjalani perawatan di London. Setelah pulih, ia melanjutkan syuting film Angrezi Medium yang merupakan film terakhirnya. Namun, perilisan film harus ditunda karena penyebaran virus corona yang dimulai pada Maret lalu. Dilansir dari Variety, pada Selasa, 28 April, ia dibawa ke gawat darurat di Rumah Sakit Kokilaben, Mumbai karena infeksi tersebut.

Semasa hidupnya, Irrfan Khan menjadi aktor yang membawa nama India dikenal di kancah internasional. Memulai debutnya pada tahun 1988 dengan film Salaam Bombay, saat itu ia mulai menguasai sejumlah serial televisi di India.

Aktingnya banyak meraih pujian dalam film-film India seperti Maqbool dan Haasil. Ia juga pernah meraih titel Aktor Terbaik dalam India’s National Award untuk perannya sebagai tentara bernama Paan Singh Tomar di Paan Singh Tomar.

Tidak berhenti di negara kelahirannya, sosok Irrfan berhasil membawa industri perfilman India meraih atensi publik dunia. Perannya dalam The Lunchbox berhasil memberinya penghargaan BAFTA 2015. Selain itu, film Hindi Medium yang ia bintangi menjadi hits di China dan India sehingga menjadi salah satu film India dengan pendapatan tertinggi. Rasanya apa yang Irrfan lakukan untuk negara kebanggaannya tidak bisa dihitung dengan jari.

Setelah di India, aktor kelahiran 7 Januari ini mulai menguasai perfilman internasional dengan membintangi sejumlah film-film box office yakni Life of Pi, Jurassic World, The Amazing Spider-Man, dan Inferno.

beberapa hari sebelum irrfan meninggal, ibunya dikabarkan meninggal di Jaipur. Sayangnya, Irrfan tidak bisa menyaksikan langsung pemakaman karena lockdown yang sedang diberlakukan di India. Ia hanya bisa menonton prosesi melalui video call dari Mumbai.

Sejumlah figur publik mengucapkan perpisahan kepada Irrfan Khan, antara lain aktor Amitabh Bachchan yang menuliskan; “Menerima kabar meninggalnya Irfaan Khan.. Ini adalah berita yang menyedihkan dan mengganggu… Talenta yang luar biasa…. Kerabat yang ramah… Kontributor dunia sinema… meninggalkan kami terlalu cepat…”

Sementara itu komedian Kiku Sharda menyertakan foto bersama Irrfan Khan dalam tulisannya setelah hari Selasa menulis ucapan cepat sembuh kepada aktor tersebut.

“Adalah sebuah kehormatan bertemu dan mengenalnya, bekerja dengannya, bersamanya dan melihat bagaimana ia melakukan dengan mudah. Saya harap saya bisa merasakannya, kita bisa merasakannya. Akan merindukan #IrrfanKhan, lelaki, talenta, LEGENDA. Beristirahat dengan tenang.”

Selamat jalan Irrfan Khan, terima kasih memberikan kontribusi terbaikmu dalam dunia film.