Benarkah Konsumsi Bayam saat Menyusui dapat Meningkatan Produksi Asi
Ilustrasi (Photo by Jacqueline Howell from Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan suplai ASI untuk menyusu buah hatii? Jangan cemas, ternyata ada solusi alami yang dapat meningkatkan produksi ASI secara optimal.

Seperti diketahui bahwa makanan bernutrisi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan suplai ASI ibu menyusui. Makanan bernutrisi seperti bayam sangat baik dikonsumsi selama proses laktasi karena bisa menyeimbangkan kadar hormon ibu menyusui.

Melansir laman Healtline, Senin, 17 Mei, pakar kesehatan merekomendasikan ibu menyusui untuk mengonsumsi bayam dan sayuran berdaun hijau lain. Sayuran hijau termasuk bayam mengandung banyak zat besi, kalsium, folat, dan vitamin K, yang sangat baik untuk produksi ASI.

Bayam sangat bermanfaat karena kandungan fitoestrogennya yang tinggi. Senyawa ini meniru estrogen dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan produksi ASI. Makanan kaya zat besi seperti bayam bisa efektif untuk mengisi kembali kadar zat besi, terutama jika sebelumnya mengalami perdarahan pascapersalinan atau kehilangan jumlah darah yang tak normal selama kelahiran karena hal ini dapat memengaruhi proses mengASIhi buah hati.

Satu studi telah menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dikaitkan dengan suplai susu yang rendah, jadi jika ibu menyusui merasa pasokan ASInya kurang, mintalah dokter untuk memeriksa kadar zat besi dalam tubuh.

Secara umum, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat saat menyusui, tak hanya agar bayi mendapatkan nutrisi yang baik tetapi juga untuk memastikan tubuh ibu bekerja dengan sehat dan maksimal.