Hybrid Fashion Show 2021 Hadirkan Fesyen Ecoprint Karya Ibu-Ibu Desa
Pagelaran fesyen Hybrid Fashion Show 2021 (tangkapan layar video Lazismu)

Bagikan:

JAKARTA - Hybrid Fashion Show 2021 sukses digelar pada hari ini, Rabu, 5 Mei di Jakarta dan Yogyakarta. Tepatnya, di Plaza UMY Boga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng.

Mengambil tema Ecoprint Back to Nature, pagelaran fesyen ini menampilkan karya dari kelompok ibu-ibu desa yang menggunakan bahan ecoprint dan pewarna yang berkualitas. Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami.

Menurut Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latief, ada lebih dari 50 koleksi yang dihadirkan dalam pagelaran ini. Tim Duta Wisata Yogyakarta juga berpartisipasi dalam membuat branding produk.

Bahan ecoprint yang digunakan adalah bahan berkualitas dengan kombinasi eco-friendly. Beberapa di antaranya tidak memakai kancing bahan plastik, pewarna alami, serta kerat alami.

Produksi fesyen berbahan ecoprint diharapkan dapat membantu ibu-ibu desa dalam memasarkan produk ini di tengah masyarakat. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan semangat dan ekonomi di tengah kondisi pandemi.

Proses pembuatan dilakukan mulai dari pelatihan dan edukasi yang dilakukan sejak 2000 oleh Lazismu. Penggunaan reuse dan recycle juga sesuai dengan aturan agar konsep ecoprint tetap bisa dilakukan.

Pelatihan dilakukan di berbagai kota di Indonesia dan mengikuti pameran di tingkat nasional dan internasional.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program pemberdayaan perempuan ini. Semoga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. Terutama peserta yang didampingi oleh Lazismu,” kata Sabeth Abilawa selaku Direktur Utama Lazismu dalam acara tersebut.