Produser dan Aktor Noel Clarke Terlibat Rumor Pelecehan Seksual
Noel Clarke (Instagram @noelclarke)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor dan produser Noel Clarke menjadi perbincangan setelah sebuah rumor yang menyebut bintang besar itu melakukan tindakan abusif, bullying, dan pelecehan seksual.

Melansir The Guardian, setidaknya 20 orang menuding Clarke melakukan beberapa tindakan seperti di atas di antara tahun 2004 sampai 2019.

Di dunia hiburan, Noel Clarke adalah salah satu produser kenamaan di Britania Raya. Dia juga dikenal dengan berperan sebagai Mickey Smith dalam serial Doctor Who di BBC.

Beberapa film yang ia tulis naskahnya seperti Kidulthood dan Adulthood mendapat keuntungan besar di box office. Sederet prestasi itu ia dapatkan melalui kariernya di dunia perfilman baik di depan maupun belakang layar.

Rumor

Beberapa orang yang memberanikan diri menjelaskan apa saja perilaku yang Noel Clarke lakukan kepada mereka. Salah satunya, produser Gina Powell yang sempat bekerja dengan pria 45 tahun ini.

Powell menyebut Clarke mengusiknya dan menyombongkan tentang foto dan video berisi rekaman sederet wanita di lokasi syuting yang dia ambil secara diam-diam.

Selain itu beberapa artis dan pekerja di balik layar angkat suara mengenai tindakan Noel Clarke yang semena-mena di lokasi syuting dan seringkali berhubungan dengan seks.

Tidak berhenti di situ, beberapa orang mengatakan Noel Clarke melakukan bullying di lokasi syuting. Karena dia adalah seorang produser, dia merasa memiliki kuasa untuk menekan para aktris agar berakting sesuai tuntutannya.

Baru-baru ini, Noel Clarke mendapat penghargaan Outstanding British Contribution of Cinema dari British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) atas kontribusinya dalam dunia perfilman.

The Guardian mengatakan BAFTA mengetahui tuduhan ini sebelum acara berlangsung.

Melalui pengacaranya, Noel Clarke membantah seluruh tuduhan yang dibuat oleh 20 orang tersebut.

“Selama karier 20 tahun, saya menaruh inklusif dan keberagamaan dalam pekerjaan saya dan tidak pernah memiliki keluhan. Jika siapapun yang bekerja dengan saya merasa tidak nyaman atau tidak dihargai, saya minta maaf,” katanya pada Jumat, 30 April.

“Saya menyangkal seluruh tindakan seksual dan berniat untuk membela diri saya terkait tuduhan palsu ini.”

Clarke membantah tuduhan bullying, pelecehan seksual dan rumor lainnya. Pihak pengacara juga menganggap kliennya bukan seorang predator seksual.

Kepada CNN International, BAFTA menerima kabar mengenai Noel Clarke namun tidak bisa mengambil tindakan lebih lanjut karena klaimnya dibuat secara anonim. Mereka tidak tahu siapa, kapan, dan hal yang menjelaskan kejadian tersebut.

Efek

Karena kasus ini, pihak BAFTA membatalkan penghargaan yang mereka baru berikan kepada Noel Clarke pada 10 April lalu.

Saluran televisi ITV tidak menayangkan episode terakhir serial Viewpoint yang dibintangi Clarke. Pihak ITV mengatakan episode itu sudah tidak layak untuk ditayangkan.

“ITV tidak memiliki toleransi terhadap bullying, gangguan untuk menyelidiki dan menangani setiap keluhan. Kami yakin setiap orang berhak bekerja di lingkungan yang aman dan mendukung.”

Saluran televisi Sky juga menyatakan tidak akan bekerja sama dengan Noel Clarke untuk ke depannya. Pernyataan ini dibuat setelah Sky menayangkan serial yang dilakoni Clarke, Bulletproof.

Menilik akun Instagram-nya, Noel Clarke mematikan kolom komentarnya sejak kasus ini ramai menjadi pembicaraan.