YOGYAKARTA – Keterampilan hidup membantu anak-anak siap menghadapi tantangan sehari-hari secara efektif. Ini disebut keterampilan eksekutif, karena bukan bawaan lahir, maka perlu dilatihkan dan dipelajari serta dikembangkan dari waktu ke waktu. Menurut psikolog klinis berlisensi Liz Nissim-Matheis, Ph.D., idealnya keterampilan ini diajarkan sebagai bagian dari kurikulum sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Apa saja keterampilan hidup tersebut? Ini daftarnya.
1. Kerja memori
Keterampilan menyimpan dan memanipulasi informasi jangka pendek untuk menyelesaikan tugas, perlu dilatihkan. Misalnya, ketika guru mengumumkan waktu ujian, anak harus mengingat informasi ini sambil menyesuaikan agenda mereka, mencatat tanggal ujian, dan mempersiapkannya.
2. Kontrol impuls
Keterampilan ini memungkinkan seseorang untuk berhenti sejenak sebelum bertindak. Ini juga menandai tindakan berdasarkan pikiran atau keinginan. Misalnya, jika anak mengerjakan tugas matematika tetapi bosan lalu tergoda bermain gawai. Kontrol impuls membantu anak-anak mengenali pentingnya menyelesaikan tugasnya lebih dahulu.
3. Manajemen waktu
Manajemen waktu melibatkan kesadaran akan waktu, ini memperkirakan berapa lama tugas akan berlangsung dan menindaklanjuti untuk menyelesaikannya. Keterampilan ini bekerja dengan penentuan prioritas. Kemampuan ini bekerja ketika anak bisa menentukan tugas mana yang harus diselesaikan lebih dahulu berdasarkan tenggat waktu.
BACA JUGA:
4. Pengorganisasian
Pengorganisasian mencakup mencatat barang-barang serta perlengkapan sekolah. Juga keterampilan dalam menciptakan sistem yang efektif untuk menjaga ketertiban. Ini berlaku tidak hanya pengorganisasian barang-barang fisik, seperti pakaian atau perlengkapan sekolah. Tetapi juga untuk rutinitas yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Menurut Nissim-Matheis dilansir Psychology Today, Rabu, 6 November, menetapkan sistem membantu meminimalisir energi mental yang dihabiskan untuk mencari barang-barang, seperti sepatu atau pekerjaan sekolah.
5. Pengurutan
Pengurutan ini, keterampilan yang berkaitan dengan cara mengorganisir, manajemen waktu, kontrol impuls, dan kerja memori. Karena ini melibatkan penilaian tugas dan menentukan urgensinya. Contohnya, menyelesaikan tugas matematika besok lebih diutamakan daripada tugas sains yang harus diserahkan dua hari lagi. Keterampilan ini membantu anak belajar menentukan prioritas, menumbuhkan tanggung jawab, dan pengambilan keputusan yang efektif.
Keterampilan fungsi eksekutif dalam kehidupan sehari-hari di atas, penting membantu anak mengelola diri secara efektif. Meskipun ada keterampilan tambahan yang juga berkontribusi, tetapi keterampilan di atas memberikan dasar kuat untuk kesuksesan. Baik kesuksesan di sekolah maupun masa depan anak-anak nantinya.