Bagikan:

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir minum kopi sudah termasuk gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia setiap harinya. Kebiasaan ini membuat perkembangan industri kopi di Indonesia sangat pesat.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman of Specialty Coffee Association of Indonesia, Daryanto Witarsa. Ia mengatakan bahwa industri kopi di Indonesia berkembang pesat selama 10 tahun terakhir.

“Di tarik ke belakang, 10 tahun sampai sekarang, kita (industri kopi Indonesia) berkembang pesat,” kata Daryanto Witarsa saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Daryanto juga menyampaikan bahwa dua tahun belakangan, harga komoditas kopi mengalami peningkatan. Hal ini sangat berdampak baik bagi para petani kopi.

“Di dua tahun terakhir ini juga ada peningkatan harga di komoditas kopi, itu dampaknya cukup baik buat petani,” tuturnya.

Tak hanya itu, ekspor produk kopi khas Indonesia ke luar negeri juga mengalami peningkatan. Daryanto mengatakan bahwa permintaan akan kopi Indonesia cukup besar dari berbagai negara.

“Di satu sisi peningkatan ekspor pun kita cukup naik, dan permintaan dari dunia lain juga naik,” ujarnya.

Konsumsi kopi oleh masyarakat Indonesia juga semakin tinggi. Peningkatan kebutuhan kopi di Indonesia ini diharapkan bisa terpenuhi dengan kopi lokal ke depannya.

“Konsumsi domestik kita juga menaik. Jadi perlahan-lahan sesuai arahan presiden sebelumnya kita harus swasambada banget. Mungkin ke depannya kita sudah nggak akan ekspor lagi, kopi-kopi di Indonesia akan dipakai di domestik sendiri,” pungkas Daryanto Witarsa.