Bagikan:

JAKARTA - Karier di dunia fashion kerap dianggap keren dan glamor. Tapi sayangnya ini terlalu populer. Bagi Anda yang tertarik, sepertinya harus bekerja lebih keras dan mengenal banyak orang jika ingin bergabung menggeluti industri fashion.

Banyak orang meyakini, berkarier di industri fashion menuntut pelakunya menguasai tren dan merek, tapi itu tidak semuanya benar. Hal yang paling dibutuhkan ialah bakat, ilmu, dan skill.

Seperti dilansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa peluang karier di industri fashion yang mungkin bisa Anda coba.

1. Model

Salah satu pekerjaan yang kerap terlintas di pikiran orang tentang dunia fashion tentunya, menjadi model. Tapi, menjadi medel tdaklah mudah. Model-model top harus memiliki tinggi badan, tubuh, berat badan, wajah, rambut yang pas.

Bagi mereka yang mendapat kesempatan menjadi model, pekerjaan ini sangat keren, Terlihat glamor, bergaji tinggi, bisa memakai busana karya-karya desainer terkenal. Satu tambahan keuntungan tambahan lagi, diincar pria-pria mapan.

Bagi mereka yang mau bekerja keras, menjadi model bisa menjadi pekerjaan yang sangat keren, belum lagi sangat glamor dan bergaji tinggi. Setiap pria bermimpi berkencan dengan seorang model dan setiap wanita bermimpi menjadi model, tetapi jangan lupakan semua paparan media, banyak kesempatan untuk bertemu orang-orang terkenal, kontrak dengan gaji tinggi, dan, oh, semua pakaian desainer yang luar biasa!

2. Fotografer fashion

Profesi tidak boleh dilupakan. Jasa fotografer sangat penting untuk sebuah karya. Bagaimana produk tas, pakaian, dan beragam aksesori bisa terlihat memukau di media, poster, dan berbagai plarform. Terkadang fotografer justru lebih penting ketimbang model.

Untuk menjadi fotografer fashion, tidak harus melamar ke sebuah perusahaan. Fotografer bisa bekerja sendiri dan menentukan kariernya sendiri. Kreativitas mereka tak terbatas saat mereka menangkap esensi gaya melalui lensa, berkolaborasi dengan desainer papan atas dan tim editorial di seluruh dunia. Setiap jepretan kamera membingkai sebuah cerita, menyampaikan emosi dan tren yang menginspirasi para penggemar mode. Baik saat mereka mengambil gambar di lokasi eksotis atau membuat set di studio, para seniman ini menguasai cahaya dan komposisi untuk menciptakan citra yang mengagumkan yang membentuk narasi merek.

3. Fashion buyer

Berbicara tentang karier di bidang mode, berikut ini adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan mode yang bakal disukai! Pernah lihat bara pemburu fashion? Ya, mereka dibayar untuk berbelanja. Menyenangkan bukan!

Ilustrasi (Unsplash)

Tetapi untuk dapat dipekerjakan sebagai fashion buyer, Anda harus mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang fashion. Mampu memprediksi tren dan membaca peluang bisnis. Mereka bekerja untuk toko, brand, perusahaan gaya hidup.

4. Fashion Stylist

Misalnya Anda seorang selebritas – Nah, penata busana Anda, dalam hal ini, akan menjadi semacam fashion buyer, yang berarti ia tidak hanya tahu banyak tentang tren dan desainer populer tetapi juga memiliki kemampuan untuk memadukan dan mencocokkannya dengan cara yang akan membuat Anda menjadi bintang malam itu.

Pekerjaan yang cukup keren. Bahkan, ini mungkin salah satu karier favorit di bidang mode! Fashion stylist selebriti mungkin yang paling populer dan berpenghasilan paling banyak.

5. Fashion blogger

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang karier yang keren dan populer di bidang mode? Nah, apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk membuat blog fashion? Menjadi seorang blogger untuk situs web terkenal memang tidak menjamin hidup cukup. Tapi itu memberi Anda kesempatan hadir ke fashion show besar dan terkenal.

Event-event itu membuka kesempatan bertemu banyak orang, memperluas jaringan, dan membantu Anda mengembangkan bisnis dan bakat. Jika Anda suka menulis sama seperti Anda suka fashion, mulailah!

6. Desainer

Dunia mode tidak akan ada tanpa para jenius kreatif yang kita sebut desainer. Beberapa desainer bertanggung jawab untuk mendesain kain, beberapa mendesain aksesori, beberapa kostum dan, meskipun nama mereka mungkin tidak setenar Galliano atau Lagerfeld, mereka juga memberikan banyak kontribusi bagi industri ini!

Desain mode memang merupakan bidang yang memiliki banyak sisi, penuh dengan peluang untuk ekspresi artistik. Lulusan muda atau kreator otodidak yang bersemangat dapat menemukan ceruk pasar mereka, baik di bidang haute couture, tempat mahakarya yang dibuat khusus untuk kalangan elit, atau di industri ready to wear yang membentuk tren massa. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan di bidang ini sering kali menuntut perpaduan kreativitas, keterampilan teknis, dan pemasaran yang cerdas.

7. Public Relation (PR)

Kalau Anda berpikir PR tidak ada hubungannya dengan industri fashion, Anda salah! Setiap brand, memiliki PR. Dan, PR merupakan 'wajah' perusahaan. Mereka harus bisa bekerja sama dengan media. Tentang bagaimana membangun imej sebuah brand.