Bagikan:

JAKARTA - Setiap tahunnya Met Gala, yang merupakan acara mode ternama dunia digelar dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun 2025 mendatang, Met Gala akan mengusung tema Superfine: Tailoring Black Style.

Superfine: Tailoring Black Style ini tidak hanya membahas tentang estetika fashion, tetapi juga membahas awal budaya dan sejarah dandyism kulit hitam, yang bermula di Eropa pada abad ke-18. Dandyism merupakan cara pria kulit hitam menunjukkan identitas dan menantang batasan sosial yang mengekang.

Dilansir dari New York Post, dengan tema tersebut maka diharapkan publik akan melihat bagaimana pakaian dan gaya berperan penting dalam membentuk diaspora kulit hitam dari masa lalu hingga saat ini, melalui busana yang dipakai para tamu undangan.

Pemilihan tema Met Gala 2025 ini juga terinspirasi dari buku karya Monica L. Miller, yang berjudul “Slaves to Fashion: Black Dandyism and the Styling of Black Diasporic Identity”. Acara ini akan menampilkan koleksi arsip busana, karya seni, hingga potongan film perjalanan panjang dari dandyism.

Pada pergeleran Met Gala 2025, telah ditunjuk LeBron James sebagai ketua kehormatan. Untuk ketua bersama akan mencakup Colman Domingo, Lewis Hamilton, A$AP Rocky, Pharell Williams, dan Anna Wintour.

Sementara itu, Met Gala 2025 akan digelar pada 5 Mei 2025, di Metropolitan Museum of Art, New York. Pengunjung museum berkesempatan menikmati pameran Superfine mulai 6 Mei sampai 26 Oktober 2025.

Untuk aturan berpakaian para tamu akan diumumkan pada awal tahun 2025. Daftar tamu undangan Met Gala 2025 hingga saat ini juga belum diumumkan secara resmi.