Bagikan:

YOGYAKARTA - Aktris Sandra Dewi akhirnya memberikan kesaksiannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait kasus dugaan pencucian uang yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis, dalam bisnis komoditas timah di PT Timah Tbk. 

Pada sidang yang digelar Kamis (10/10/2024), Sandra Dewi dengan tegas menjelaskan sejumlah aset yang menjadi sorotan jaksa dan hakim. Dalam kesaksiannya, Sandra Dewi mengungkapkan bahwa ia memiliki simpanan deposito senilai Rp33 miliar di sebuah bank swasta.

Pengakuan tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya dari mana sumber kekayaan Sandra Dewi yang dimiliki selama ini?

Sumber Kekayaan Sandra Dewi

Berikut ini daftar sumber kekayaan Sandra Dewi yang menjadi penghasilannya mengumpulkan sumber-sumber cuan:

Endorsement

Sandra Dewi sangat populer di kalangan masyarakat kelas menengah ke atas, sehingga ia sering menerima endorsement dari berbagai penjual tas branded. Selain itu, ia juga sering mempromosikan produk serta klinik kecantikan yang menawarkan perawatan kecantikan.

Bisnis Perhiasan

Salah satu bisnis Sandra Dewi yang paling sukses hingga saat ini adalah Sandra Dewi Gold, yang menawarkan berbagai jenis perhiasan.

Bisnis Kosmetik

Selain perhiasan, Sandra Dewi yang merupakan ibu dari dua anak ini juga memiliki bisnis di bidang kosmetik. Ia memiliki merek kosmetik bernama Saint By Sandra, yang produknya, seperti lipstik, sangat diminati karena harganya yang terjangkau.

YouTube

Sandra Dewi juga memiliki channel YouTube yang menampilkan kegiatan sehari-harinya. Jika dimonetisasi, channel ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilannya.

Brand Ambassador dan Iklan

Tidak hanya bergantung pada endorsement, Sandra Dewi juga tetap aktif sebagai Brand Ambassador dan bintang iklan. Ia mempromosikan berbagai produk, mulai dari kecantikan hingga obat-obatan anak.

Deposito 33 Miliar Milik Sandra Dewi

Hakim menanyakan kapan Sandra Dewi mulai memiliki deposito tersebut. Sandra Dewi kemudian menjelaskan bahwa ia mulai menabung dalam bentuk deposito sejak tahun 2004, tepat ketika memulai kariernya sebagai publik figur. 

Ia juga menegaskan bahwa seluruh deposito yang dimilikinya sepenuhnya berasal dari penghasilannya sebagai publik figur, tanpa ada satupun yang berasal dari Harvey Moeis atau dari aliran dana terkait kasus dugaan korupsi PT Timah.

Hakim juga menanyakan kembali kepada Sandra Dewi mengenai deposito senilai Rp4,1 miliar di Bank CIMB Niaga. Sandra Dewi menjelaskan bahwa tabungan tersebut diperolehnya karena ia menjadi brand ambassador bank itu bersama anaknya. 

Selain itu, Sandra Dewi juga mengungkapkan bahwa ia memiliki tabungan senilai Rp300 juta di Bank BCA. Selain tabungan, Sandra Dewi mengakui bahwa ia juga memiliki beberapa aset berupa empat rumah dan dua apartemen. 

Ia menjelaskan bahwa apartemen tersebut diperolehnya sebagai bagian dari kesepakatan menjadi brand ambassador PT. Paramount Land Enterprise. Namun, ia menambahkan bahwa kedua apartemen itu kini telah disita oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi PT Timah.

Demikianlah ulasan mengenai sumber kekayaan Sandra Dewi istri Harvey Moeis yang menjadi terpidana kasus pencucian uang. Baca juga Sandra Dewi menjadi saksi sidang korupsi timah Harvey Moeis.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.