Bagikan:

JAKARTA - Seks dan masturbasi adalah tindakan untuk meningkatkan kebahagiaan fisik, tetapi keduanya juga memiliki manfaat psikologis, terutama saat Anda mencapai orgasme. Banjir zat kimia yang dilepaskan sebagai respons terhadap seks dan orgasme dapat membantu Anda merasa lebih baik, termasuk meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat kecemasan. 

Jika Anda sulit mencapai orgasme, carilah cara untuk rileks seperti atasi masalah fisik yang mungkin berperan. Dan ambil langkah untuk meningkatkan kesejahteraan seksual dapat membantu Anda lebih menikmati beberapa dari sekian banyak manfaat orgasme.

Dikutip dari Very Well Mind, Jumat, 4 Oktober, ada banyak manfaat orgasme bagi kesehatan mental. Manfaat ini terkait dengan zat kimia saraf yang dilepaskan oleh otak saat orgasme terjadi.

Dr. Alyssa Dweck, pakar kesehatan seksual dan reproduksi untuk INTIMINA, mengatakan bahwa "Orgasme meningkatkan dan melepaskan dopamin (hormon kenikmatan), oksitosin (hormon cinta dan pelukan), dan endorfin (pereda nyeri alami dan zat kimia yang meningkatkan kesejahteraan) di otak."

Mari menilik apa dampak pelepasan zat kimia ini dalam kaitannya dengan kondisi psikologis.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Dalam penelitian, orgasme secara langsung dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Mencapai orgasme dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini berlaku baik saat Anda mencapai orgasme sendiri atau bersama pasangan.  Selain hormon-hormon yang telah disebutkan, orgasme melepaskan vasopressin (sejenis hormon), yang berjalan seiring dengan produksi zat kimia tidur melatonin dalam tubuh Anda.

Kurangi Kecemasan

Oksitosin yang diproduksi oleh orgasme dapat membuat Anda mengalami lebih sedikit kecemasan setelahnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan dalam situasi yang menegangkan, peningkatan jumlah oksitosin dapat meredakan respons kecemasan. Orgasme juga membantu merangsang saraf vagal, yang berperan penting dalam menghilangkan perasaan cemas.

Merasa Lebih Bahagia

Masing-masing zat kimia utama yang dilepaskan saat mengalami orgasme memiliki dampak positif pada rasa bahagia. Selain itu, orang yang terlibat dalam aktivitas seksual lebih teratur mengalami lebih banyak kebahagiaan dalam hidup secara keseluruhan. Efek peningkatan suasana hati dari orgasme juga dapat membantu mengatasi perasaan stres dan depresi.

Artinya, meskipun kesenangan bisa saja hilang dalam kesibukan kehidupan sehari-hari. Tapi dengan berhubungan seksual, Anda bisa kembali merasakan bahagia.

Keintiman Meningkat

Seks dan orgasme juga dapat membantu meningkatkan keintiman dan hubungan Anda dengan pasangan. Memiliki kedekatan emosional merupakan bagian penting dari hubungan sehat. Kedekatan emosional membantu Anda merasa lebih nyaman, terdukung, dan stabil, yang dapat membantu membuat hubungan lebih harmonis.

Peningkatan Kesehatan Fisik

Seks, meskipun dilakukan sendiri, menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, yang merupakan pengalaman yang sama dengan berolahraga dan membantu Anda tetap dalam kondisi fisik lebih baik.

Selain itu, orgasme menyebabkan tubuh melepaskan dehidroepiandrosteron (DHEA), hormon diproduksi di kelenjar adrenal yang berhubungan dengan kebugaran secara keseluruhan. Tubuh mengurangi produksi DHEA seiring bertambahnya usia, jadi meningkatkan produksinya dengan mengalami orgasme dapat membantu mengatasinya.

Itulah