Bagikan:

YOGYAKARTA - Berencana untuk pindah ke kota baru? Selain mempertimbangkan faktor seperti iklim dan fasilitas, biaya hidup juga menjadi pertimbangan penting. Lantas mana saja kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia?

Nah, jika Anda ingin mencari kota dengan biaya hidup yang ramah di kantong, Indonesia punya banyak pilihan menarik. Penasaran? Berikut ini beberapa kota yang menawarkan biaya hidup murah.

Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), beberapa kota di Indonesia menawarkan biaya hidup yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar, berikut di antaranya:

  • Cilacap

Salah satu kota dengan biaya hidup paling rendah adalah Cilacap, Jawa Tengah. Dengan rata-rata pengeluaran rumah tangga sekitar Rp5,38 juta per bulan, Cilacap memungkinkan masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih efisien.

Kota Cilacap masuk dalam daftar ini, sejalan dengan data yang disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini.

  • Sibolga

Kota Sibolga, Sumatera Utara, juga termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup murah. Meskipun sedikit lebih tinggi dibandingkan Cilacap, Sibolga masih menawarkan harga-harga yang relatif terjangkau untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, menariknya, meskipun Upah Minimum Provinsi (UMP) Kota Sibolga tergolong rendah, namun biaya hidup di kota ini tetap terkendali.

  • Kudus

Mencari kota dengan biaya hidup yang ramah di kantong? Kudus bisa menjadi pilihan tepat. Dengan rata-rata biaya hidup sekitar Rp 5,71 juta per bulan, kota ini menawarkan keseimbangan sempurna antara kenyamanan hidup dan pengeluaran yang paling efisien.

Selain itu, bagi yang tinggal di Kudus juga memiliki biaya makan yang terjangkau mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 11.000 per porsi, Anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas Kudus tanpa khawatir menguras dompet

  • Singaraja

Bagi para mahasiswa yang mencari kota dengan biaya hidup terjangkau di Bali, Singaraja bisa menjadi pilihan yang menarik. Menariknya, terletak di Kabupaten Buleleng, kota ini menawarkan suasana yang lebih tenang dibandingkan kawasan wisata utama di Bali.

Tugu Buleleng Adipura di Singaraja Bali (Foto Antaranews - Made Adnyana)

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas 3 Tempat Wisata Budaya di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Dengan UMK 2022 sebesar Rp 2.716.206,49, biaya hidup di Singaraja tergolong rendah. Bahkan Anda bisa menemukan kost dengan harga mulai dari Rp 300 ribu per bulan dan menikmati makanan lezat dengan harga sekitar Rp 15 ribu per porsi.

Selain itu, keberadaan Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha juga memberikan pilihan pendidikan berkualitas bagi para mahasiswa.

  • Purwokerto

Selain keindahan alamnya yang memukau, Purwokerto juga menawarkan keunggulan lain bagi para pendatang baru, yaitu berupa biaya hidup yang sangat terjangkau.

Dengan UMP sebesar Rp2.118.123 dan biaya hidup rata-rata sekitar Rp5,88 juta per bulan, kota ini menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin menghemat pengeluaran.

Nah, bagi mahasiswa, menariknya biaya kos dan hidup sehari-hari di Purwokerto bisa ditekan hingga Rp500.000 hingga Rp800.000 per bulan.

Selain kota dengan biaya hidup termurah di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!