Bagikan:

YOGAYAKARTA – Labuan Bajo, destinasi wisata super prioritas di Indonesia Timur, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan keanekaragaman hayati terbaik di dunia.

Terletak di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo dikenal dengan daya tari utamanya, yakni Taman Nasional Komodo, yang merupakan habitat alami bagi hewan Komodo dan terumbu karang yang indah. Destinasi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingi menjelajahi pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Padar dan Pulau Rinca.

Bila Anda ingin melakukan perjalanan ke tempat ini, penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik ke Labuan Bajo agar bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Kapan Waktu Terbaik ke Labuan Bajo?

Dihimpiun dari berbagai sumber, berikut ini adalah waktu terbaik ke Labuan Bajo yang bisa dijadikan sebagai pedoman sebelum berpakansi ke sana:

  1. Januari – Maret

Jika Anda gemar menyaksikan festival budaya, maka waktu terbaik ke Labuan Bajo adalah pada bulan Januari, Februari, dan Maret.

Pada bulan Maret, Labuan Bajo biasanya menggelar festival Komodo. Di festival tersebut, Anda bisa melihat parade patung komodo yang unik, berbagai macam perlombaaan, serta penampilan tarian-tarian adat khas Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, ada juga Festival Reba yang diselenggarakan pada awal Januari. Festival ini digelar sebagai bentuk rasa syukur sekaligus pemulihan hubungan kepada Tuhan, alam, dan leluhur di seluruh Kabupaten Ngada.

  1. April – Mei

Wisatawan yang ingin mencari suasana langit yang cerah bisa mengunjungi Labuan Bajo pada periode April-Mei.

Pada waktu tersebut, Anda bisa menyaksikan pemandangan pulai hijau dan laut biru. Wisatawan yang hobi fotografi bisa mengabadikan keindahan ragam pulau-pulau seperti Pulau Padar dan Rinca dari atas bukit.

  1. Juli – Agustus

Pada periode ini, wisatawan bisa melihat musim kawin Komodo. Ketika hendak hawin, beberapa komodo Jantan berkeliaran dan saling berebut untuk mendapatkan komodo betina sebagai pasangannya.

Satu hal yang wajib Anda perhatikan saat berkunjung ke Pulau Komodo, yakni Anda harus tetap didampingi petugas jika ingin melihat Komodo.

  1. September – November

Sementara bagi wisatawan yang hobi diving atau snorkeling, waktu terbaik ke Labuan Bajo adalah bulan September hingga pertengahan November.

Pada periode ini, ombak di lautan Labuan Bajo umumnya cukup tenang dan aman untuk berkegiatan.

Anda bisa menikmati pesona bawah laut Labuan Bajo berupa terumbu karang dan biota lain yang cantik di beberapa titik yang populer. Mulai dari Pulai Kanawa, Batu Bolong Reef, Taka Makassar, Manta Point, Tatawa Besar, Pulau Kelor hingga Pink Beach.

Demikian informasi tentang kapan waktu terbaik ke Labuan Bajo. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.