Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda ada banyak cara membedakan emas asli dan palsu, salah satunya dengan media api atau pembakaran. Sebelum mempraktikkan metode ini Anda harus tahu bagaimana emas asli jika dibakar baik dari sisi warna dan bentuknya.

Pada dasarnya emas asli akan menunjukkan perubahan pada bentuk dan warnanya. Hal itu terjadi karena emas adalah salah satu logam spesial yang punya reaksi unik terhadap api. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut.

Melihat Bagaimana Emas Asli Jika Dibakar

Umumya, saat perhiasan dengan kadar emas 24 karat saat dibakar akan terjadi perubahan warna dan bentuk, seperti dilansir dari situs Sahabat Pegadaian. Saat dibakar menggunakan api dalam waktu tertentu, perhiasan emas 24 karat pelan-pelan akan berubah warna menjadi hitam. Bentuknya juga akan perlahan berubah tidak seperti semula.

Dari sisi warna, emas yang dibakar akan mengalami perubahan. Namum perubahan tergantung pada jenis campuran yang digunakan. Pada emas asli dengan kadar 24 karat, warna emas akan berubah menjadi hitam. Reaksi tersebut adalah normal.

Perubahan warna pada dasarnya juga akan terjadi pada perhiasan emas yang dicampur dengan logam dengan kadar di bawah 24 karat. Namun perubahan warna tersebut disebabkan oleh oksidasi pada logam non emas. Warna yang ditunjukkan pun berbeda-beda tergantung jenis logam campurannya.

Selain warna, emas murni yang dibakar juga akan mengalami perubahan bentuk. Emas kadar 24 karat akan berubah bentuk saat dibakar. Perubahan ini terjadi karena logam emas punya ketahanan yang rendah sehingga mudah berubah saat dibakar.

Berbeda pada perhiasan yang dicampur dengan logam lain seperti besi, tembaga, atau perak yang punya ketahanan cukup kuat terhadap pembakaran. Sehingga saat perhiasan dibakar tidak akan terjadi apa-apa.

Cara Cek Keaslian Emas dengan Korek Gas

Cara cek keaslian emas bisa dilakukan dengan korek gas. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan untuk proses pembakaran.

  1. Sediakan Korek dengan Semburan Stabil

Langkah pertama pengecekan emas asli atau palsu adalah dengan menggunakan korek api yang punya semburan api stabil. Untuk mendapatkan stabilitas api, disarankan untuk menggunakan korek api gas butana. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan lilin atau semacamnya.

  1. Sediakan Alat Penjepit

Jangan memegang perhiasan yang akan dibakar dengan tangan langsung karena panas pembakaran akan melukai kulit Anda. Oleh karena itu dibutuhkan alat penjepit semacam tang untuk menjepit sebagian perhiasan.

Setelah alat-alat tersebut dikumpulkan, ikuti langkah-langkah pengecekan emas dengan korek api berikut ini.

  • Jepit sebagian sisi perhiasan yang akan dicek. Pastikan penjepit dapat menjepit perhiasan dengan kuat
  • Semburkan api di sisi perhiasan lain yang tidak terhalang oleh penjepit secara konsisten
  • Durasi pembakaran bisa beragam tergantung ketebalannya. Anda bisa mencatat setiap perubahannya per 60 detik
  • Pencatatan perubahan dilakukan dari sisi warna dan bentuknya.

Itulah informasi terkait bagaimana emas asli jika dibakar. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.