Bagikan:

YOGYAKARTA – Di film Korea ada banyak kosakata yang sering muncul dan diucapkan oleh aktor maupun aktris, salah satunya adalah shibal. Bagi Anda yang belum tahu artinya, tidak disarankan untuk menggunakan kata tersebut dikhawatirkan terjadi salah pemaknaan. Simak arti kata shibal dalam bahasa Korea agar penggunaannya tepat dalam pembicaraan.

Arti Kata Shibal dalam Bahasa Korea

Shibal (시발) adalah salah satu umpatan paling buruk dan kasar yang ada dalam bahasa Korea. Umpatan ini memang sering diucapkan terutama dalam sebuah film atau reality show K-Pop. Dalam bahasa Indonesia, shibal bisa diartikan sebagai sialan, bajingan, atau kata terburuk lain. Sedangkan dalam bahasa Inggris, persamaan shibal bisa berupa fuck.

Seperti layaknya umpatan, kata shibal memang digunakan sebagai bagian dari bentuk ekspresi emosi negatif seperti marah, benci, kasar, dan sebagainya. Oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati.

Aturan Menggunakan Kata Shibal

Seperti dijelaskan sebelumnya, kata shibal adalah salah satu umpatan paling buruk sehingga punya arti yang kasar dan tidak sopan. Untuk menggunakan umpatan ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Jangan Ucapkan Kepada yang Lebih Tua

Selayaknya umpatan lain, kata shibal tidak boleh diucapkan dengan maksud ditujukan kepada orang yang lebih tua atau yang dihormati. Dalam kebudayaan Korea, kata tersebut sangat menyinggung sehingga bisa diartikan sebagai penghinaan.

  1. Hanya untuk Kalangan Terbatas

Beberapa orang memang biasa menggunakan kata shibal namun hanya untuk kalangan pertemanan yang terbatas. Misalnya, Anda menggunakan kata tersebut kepada sahabat dekat yang benar-benar mengerti Anda, atau dalam konteks bercanda.

  1. Hanya Digunakan saat Benar-benar Marah

Shibal biasa digunakan sebagai umpatan kasar yang diucapkan oleh seseorang ketika merasakan kemarahan yang benar-benar marah, atau ketika dilanda emosi negatif. Hindari menggunakan kata ini ketika tidak terjadi apa-apa karena dikhawatirkan akan membuat lawan bicara jadi tersinggung.

  1. Jangan Digunakan Saa Situasi Formal

Jangan sesekali mengucapkan umpatan shibal dalam acara resmi atau formal. Kata ini lebih cocok dikatakan dalam percakapan sehari-hari dengan orang terdekat.

  1. Jangan Mengucapkannya di Hadapan Orang Korea Asing

Jangan pernah mengucapkan kata ini kepada orang Korea yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Kata itu sangat menyinggung sehingga bisa berujung pada perselisihan.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Shibal

Dalam konteks percakapan, kata shibal berdiri sendiri. Artinya Anda bisa menggunakannya dengan penggabungan kalimat atau sekadar mengucapkan kata tersebut. Berikut ini contoh penggunaan kata shibal yang digabungkan dengan bahasa Indonesia.

  • Shibal! Orang itu membuat hidupku hancur!
  • Gara-gara pekerjaan ini, karierku mentok! Shibal!
  • Bah! Shibal! Orang itu maling satu-satunya makananku minggu ini!

Itulah arti kata shibal dalam bahasa Korea. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.