Bagikan:

YOGYAKARTA – Tortilla banyak dipakai untuk wrapping berbagai isian. Seperti yang populer, yaitu tacos dari Meksiko atau kebab dari Turki. Ternyata, kreasi kulit tortilla enggak selalu berbahan terigu. Sudah tahu macam-macamnya? Ini daftarnya kalau Anda ingin berkreasi membuatnya.

1. Tortilla jagung

Terdapat tiga jenis tortilla jagung, yaitu kuning, biru, dan putih. Tortilla jagung putih populer di kuliner Meksiko yang terbuat dari tepung jagung berwarna putih. Biasanya dipakai untuk membuat tamales dan pozole. Tortilla jagung putih, terbuat dari masa harina (tepung jagung yang bisa langsung mengikat), air, dan garam. Rasa dan teksturnya lebih netral dan lentur daripada jenis tortilla jagung kuning dan biru.

kreasi kulit tortilla
Ilustrasi kreasi kulit tortilla (iStockphoto)

Tortilla jagung biru memiliki rasa lebih gurih, teksturnya padat, dan cocok untuk hidangan tradisional, seperti taco. Nah kalau Anda ingin membuat kreasi camilan tortilla goreng, paling cocok memakai tortilla jagung kuning karena menghasilkan tekstur renyah tanpa menyerap minyak yang berlebihan.

2. Tortilla bayam

Tortilla bayam terbuat dari tepung bayam, air, dan garam. Rasanya sedikit nutty dan gurih. Beberapa tortilla bayam dibuat dengan biji-bijian dan tepung lainnya, termasuk beras merah, millet, dan quinoa, untuk memberikan tekstur yang sedikit lebih lentur.

3. Tortilla terigu

Jenis tortilla terigu tampaknya paling mudah dan banyak ditemukan. Pasalnya, pembuatan dan ketersediaan bahannya mudah. Tepung terigu dikenal sebagai tepung gluten, yang jika dipakai untuk bahan makanan akan menghasilkan hasil yang baik.

kreasi kulit tortilla
Ilustrasi kreasi kulit tortilla (Freepik)

4. Tortilla Spanyol

Berbeda dengan tortilla jagung atau tortilla terigu. Tortilla Spanyol mirip dengan frittata, bentuknya seperti cakram bundar. Tortilla jenis ini terbuat dari kentang dan bawang lalu ditutup dengan campuran telur. Biasanya disajikan apa adanya saat panas dan dibumbui dengan saus ramesco.

5. Tortilla bit

Tortilla bit resepnya dibuat dari bit merah muda bersama tepung jagung, air, dan garam. Bit yang diparut lalu dicampurkan dalam adonan tepung jagung. Hasilnya akan mendapatkan adonan warna kemerahan yang cantik.

6. Güirila

Güirila berasal dari Nikaragua, jenis adonan tortilla yang dibuat dari jagung muda yang manis. Güirila berarti “roti harum dan lezat” yang prosesnya dimulai dari memasak jagung dengan zat alkali, seperti abu. Tujuannya supaya hasil roti bisa dicerna dengan mudah dalam sistem pencernaan dan berkhasiat karena mengandung nutrisi. Karena Güirila tidak tahan lama, artinya harus dibuat langsung habis, berbeda dengan tortilla jenis lainnya.

7. Pan árabe

Pan árabe biasanya dibuat untuk taco árabes, yang memakai perpaduan teknik memasak Timur Tengah dan Meksiko. Tortilla jenis ini dikenal dengan roti pita yang menawarkan sensasi lembut dan lezat di mulut meski memiliki tekstur sedikit kasar.

Pan árabe dibuat dari campuran tepung, ragi, dan air. Adonan perlu didiamkan agar ragi bisa bekerja dengan baik. Kemudian dalam bulatan-bulatan kecil, adonan diratakan dan dipanggang di atas wajah panas.

8. Tortilla nopal

Uniknya, tortilla nopal terbuat dari sejenis kaktus atau pir berduri yang banyak dipakai dalam berbagai hidangan di Meksiko. Melansir Taste Table, tortilla nopal memiliki rasa sedikit asam yang lembut. Maka tortilla jenis ini cocok dipadukan dengan condiment yang memiliki rasa yang kaya, seperti guacamole.

Itulah jenis kreasi kulit tortilla. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah apabila menemukan bahan-bahannya. Bisa juga membelinya jadi untuk beberapa jenis dan membuat camilan dengan kulit tortilla tersebut.