Bagikan:

JAKARTA - Gerakan tangan yang sering dan berulang, seperti mengetik atau menulis, dapat menyebabkan perkembangan carpal tunnel syndrome (CTS) atau gangguan pada kanal carpal. Dengan 9 dari 10 orang dewasa di AS menggunakan handphone, para peneliti mempertimbangkan apakah penggunaan handphone dapat menjadi faktor risiko CTS.

Apakah ada kaitan antara carpal tunnel dan penggunaan handphone?

CTS terjadi akibat kompresi saraf median saat melewati pergelangan tangan. Gerakan berulang dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan, sehingga menekan saraf. Sebuah studi kecil tahun 2017 yang menyelidiki dampak penggunaan perangkat elektronik di antara 48 mahasiswa menemukan bahwa mereka yang menggunakan perangkat selama lebih dari 5 jam sehari memiliki dampak negatif lebih besar pada saraf median.

Sebuah studi tahun 2021 disadur dari Healthline, Kamis, 5 September, yang melibatkan 285 peserta menemukan kaitan antara CTS dan penggunaan ponsel pintar selama 4 jam atau lebih per hari. Para peneliti juga mencatat bahwa mereka yang memegang ponsel pintar dengan kedua tangan hampir delapan kali lebih mungkin mengalami CTS.

Sebuah studi tahun 2022 yang melibatkan 404 peserta menemukan bahwa risiko CTS meningkat setiap jam seiring dengan penggunaan ponsel setiap hari. Kondisi ini juga lebih umum terjadi pada orang-orang yang masuk dalam kategori kecanduan handphone. Yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu yang dihabiskan di ponsel, hubungan daring, dan gangguan kehidupan sehari-hari.

Dapatkah penggunaan ponsel menyebabkan jenis nyeri tangan lainnya?

Dalam sebuah studi tahun 2023 mengatakan bahwa lebih dari separuh peserta mengalami nyeri tangan atau pergelangan tangan akibat penggunaan ponsel. Efek umumnya meliputi:

  • melemahnya tangan yang digunakan untuk memegang ponsel
  • mati rasa
  • kram dan peradangan, terutama pada kelingking dan ibu jari

Apakah penggunaan ponsel dapat menyebabkan CTS atau tidak, para ahli sepakat bahwa hal itu dapat memperburuk gejala. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa beberapa faktor dapat menyebabkan Anda lebih mungkin mengalami gejala CTS. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Jenis kelamin dimana wanita lebih rentan terkena carpal tunnel syndrome
  • indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi
  • pekerjaan

Cara mencegah nyeri tangan akibat penggunaan handphone

Membatasi waktu yang dihabiskan di handphone dapat membantu mengurangi risiko cedera tangan dan pergelangan tangan.  Jika Anda tidak dapat mengurangi penggunaan handphone, pertimbangkan menggunakan pegangan handphone yang memungkinkan Anda menggunakan perangkat tanpa harus memegangnya voice notes yang mengurangi kebutuhan untuk menyentuh ponsel. Anda juga dapat mempertimbangkan peregangan pergelangan tangan dan jari yang dapat membantu memperkuat sendi dan tendon.

Jika Anda mengalami nyeri, mati rasa, dan kesemutan di tangan dan pergelangan tangan, hubungi dokter yang dapat mengevaluasi gejala Anda.