Bagikan:

JAKARTA - Sarwendah sedang menjalani sidang perceraian dengan Ruben Onsu. Di tengah proses itu, Sarwendah mengungkap ia juga sedang menghadapi penyakit kista yang diidapnya.

Melalui perbincangan Melaney Ricardo, Sarwendah menjelaskan ia mengidap kista di batang otaknya sejak dua tahun lalu.

"Sebenarnya ini terpikir setelah aku tahu ada kista di kepala aku. Itu (alasan operasi sinus), bukan karena apa-apa. Aku udah tahu aku kista dua tahun yang lalu," kata Sarwendah.

Ia mengaku sejak menjalani operasi itu, ia sudah tidak merasakan sakit kepala. Ia juga merasa kondisi sinusnya sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Udah hampir nggak (migrain), jarang, jarang banget, sih. Terus karena kan udah operasi sinus juga. Sinusnya udah mendingan banget. Jadi ya, sehat. Ya harus sehat lah buat anak," lanjutnya.

Berbeda dengan sinus, Sarwendah tidak bisa melakukan operasi untuk kistanya lantaran kista itu menempel di bagian batang otak kecilnya.

"Jadi batang otak, dia (kista) nempel sama otak kecil yang di bawah. Itu nggak bisa diapa-apain," kata Sarwendah.

Saat ini, Sarwendah berharap kista itu tidak berkembang dan berdampak dengan aktivitasnya. Ia menyebut risiko dari pertumbuhan kista itu adalah kelumpuhan karena berhubungan dengan saraf.

"Risikonya bisa lumpuh karena kan batang otak itu di keseimbangan, jadi aku bisa kayak, bahasanya pelo lah. Jadi ya, kalau memang tidak mengganggu aktivitas, ya biarkan lah hidup bersama istilahnya," kata Sarwendah.

"Tapi ya sekarang tetap dijaga, dicek. Kemarin tiap enam bulan, terus setahun cek lagi, apakah membesar atau nggak," katanya.

Awalnya Sarwendah melakukan perawatan sehingga membuatnya tinggal terpisah dengan Ruben Onsu. Namun, baru-baru ini terungkap bahwa keduanya memilih pisah.

"So far sih yang terakhir cek nggak membesar untungnya. Jadi ya biarkan hidup bersama aja. Pastinya nanti akan cek lagi," kata Sarwendah.