Bagikan:

JAKARTA - Deretan film Korea banyak dinantikan oleh penggemar terutama penikmat sinema Korea Selatan, salah satunya film Project Silence. Film yang sudah premiere di Cannes pada tahun 2023 nyatanya baru bisa ditayangkan secara publik pada tahun ini.

Project Silence menghadirkan sederet aktor kelas atas termasuk mendiang Lee Sun Kyun. Film ini menjadi karya terakhirnya sebelum ia menghembuskan napas terakhir pada akhir tahun 2023.

Project Silence mengisahkan Cha Jung Won (Lee Sun Kyun), seorang kepala keamanan pihak Istana Presiden yang mengantar anaknya ke bandara untuk sekolah di luar negeri. Di tengah perjalanan, mereka melihat kecelakaan beruntun karena kabut tebal.

Perjalanan Cha Jung Won ke bandara menjadi terhambat karena ia harus mencari cara keluar dari situasi tersebut. Di sisi lain, sejumlah orang yang mengalami kecelakaan itu juga meninggal karena sebuah serangan mengejutkan yang baru diketahui Cha Jung Won.

Di sisi lain, ada Joe Park (Ju Ji Hoon), seorang supir taksi yang bekerja serabutan. Setelah insiden dengan Cha Jung Won, ia berniat mencari Jung Won untuk menagih haknya tapi ia justru menemukan hal lain yang mengancam dirinya dan anjingnya.

Project Silence memiliki genre thriller serta survival yang mungkin banyak ditemui di film Korea, dengan sebuah latar insiden dan berkumpul berbagai orang dengan tujuan masing-masing. Mereka berupaya untuk bertahan di tengah segala situasi.

Ketegangan itu sudah terjadi sejak awal mulai dari momen-momen yang membuat terkejut hingga emosional. Menariknya, di tengah bibit ketegangan itu, Kim Tae Gon selaku sutradara masih menyempatkan untuk menyelipkan momen komedi.

Bagian komedi itu dipegang oleh Joe Park yang diperankan Ju Ji Hoon dengan penampilan eksentrik. Aksi tegang antara Joe dengan Cha Jung Won kadang serius tapi lebih banyak terlihat komedi.

Sementara untuk Lee Sun Kyun, perannya di sini juga banyak ditemui di beberapa proyek lainnya yaitu seorang bapak yang harus melepas anaknya untuk sekolah. Ia memiliki konflik kepentingan yang membuatnya harus menyusun rencana agar bisa selamat dari situasi ini.

Film ini juga menggunakan efek CGI untuk beberapa adegan ekstrim yang terkadang terlihat kurang baik. Namun, usahanya untuk menampilkan sosok villain yang memiliki empati juga patut diapresiasi.

Film Project Silence hadir sebagai film thriller yang menegangkan meski ceritanya standar. Hal ini diakui berkat akting para pemain yang tampil menarik.

Adapun film Project Silence tayang di bioskop Indonesia mulai 12 Juli 2024.