Kapan Butuh Konsultasi ke Psikolog? Kenali 7 Kondisi ini
Ilustrasi konsultasi ke psikolog (Pexels/Alex Green)

Bagikan:

JAKARTA – Tidak ada seorang pun yang bebas dari persoalan. Dalam merespons persoalan, pikiran, perasaan, dan tubuh bekerja bersama. Tetapi ketika pikiran dan perasaan berat terasa, tubuh sulit diajak kompromi, maka bantuan dari orang lain adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya.

Teman atau kerabat terdekat adalah tempat yang paling nyaman untuk berkeluh kesah. Namun ketika mengalami 7 kondisi di bawah ini, maka baiknya konsultasi pada psikolog.

Kesedihan berkepanjangan

Sudah berbagi pikiran dan perasaan dengan teman yang paling dipercaya, tetapi kesedihan tak kunjung reda. Jika mengalami ini selama dua minggu lebih, berdasarkan saran ahli Caroline Vaile Wright, Ph.D. dari American Psychological Association, seseorang butuh berkonsultasi pada ahli.

Tubuh terasa sakit tetapi sulit dijelaskan

Jiwa dan tubuh berkaitan, jika salah satunya mengalami masalah maka efeknya pada lainnya. Artinya ketika kondisi mental sedang tidak stabil, maka tubuh akan merasa tidak nyaman bahkan terasa sakit tetapi sulit menjelaskan rasa sakitnya.

Wright menambahkan, sakit fisik yang tidak bisa dijelaskan merupakan menifestasi dari kondisi psikologis seseorang.

Kehilangan semangat beraktivitas

Melakukan aktivitas yang disenangi tentu akan membuat perasaan lebih bahagia. Tetapi ketika semangat hilang bahkan untuk melakukan hobi atau kegiatan lainnya yang bisa menyenangkan hati, maka terjadi kondisi yang membutuhkan orang lain.

Apabila perasaan suram dan mood buruk terus menerus, artinya disarankan untuk berkonsultasi pada ahli. HIndari untuk mendiagnosa kondisi mental tanpa konsultasi dulu dengan psikolog.

Tidak ingin beranjak dari tempat tidur

Perasaan yang tidak jenak dan pikiran hampir kosong meski sebenarnya banyak sekali yang perlu diselesaikan bisa jadi satu kondisi tidak baik. Apalagi tak ingin beranjak dari tempat tidur dalam jangka waktu yang tidak sebentar bisa jadi satu tanda bahwa Anda membutuhkan bantuan psikolog.

Selera makan menurun drastis

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Tetapi apabila tidak selera makan atau keinginan mengisi perut menurut drastis merupakan tanda mengalami masalah mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan makan.

kapan butuh konsultasi ke psikolog
Ilustrasi duduk meratap (Pexels/Alex Green)

 

Sulit tidur

Kesehatan mental besar pengaruhnya pada pola tidur. Apabila mengalami sulit tidur dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan ada korelasi dengan kecemasan, stres, dan depresi.

Jam tidur sangat lama

Rata-rata tidur normal orang dewasa 7 hingga 8 jam. Tetapi enggan terhenyak atau terlelap terlalu lama selama dua minggu lebih ditambah diliputi perasaan tidak nyaman, kemungkinan Anda membutuhkan konsultasi pada ahli.

Kesehatan mental tidak bisa didiagnosa secara pribadi. Terlebih memberi treatment tanpa mengetahui apa yang sesungguhnya dialami. Alangkah lebih bijak dan memperoleh rekomendasi yang tepat, konsultasilah pada psikolog.