Bagikan:

YOGYAKARTA - Kabar membanggakan datang dari Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra. Dirinya terpilih pemenang Miss Supranational 2024 yang diselenggarakan di Nowy Sacz, Polandia pada hari Sabtu (6/7). 

Pencapaian Harashta tersebut mencatatkan sejarah sebagai wakil Indoensia yang pertama kali meraih gelar Miss Supranational. Dalam kontes kecantikan bergengsi ini, perempuan dari Bandung tersebut sukses mengalahkan finalis dari 71 negara. 

"Harashta Haifa Zahra (20) dari Kota Bandung, Jawa Barat dinobatkan sebagai Miss Supranational ke-15 di puncak pertunjukan final di Nowy Sącz Malopolska,” tulis postingan akun resmi Miss Supranational di Instagram.

Perjalanan Harastha hingga bisa memboyong penghargaan tersebut pun tidak mudah. Dalam komeptisi yang berlangsung sejak 17 Juni 2024, dirinya harus melalui sejumlah tahapan penilaian selama karantina. Perempuan usia 20 tahun ini berhasil maju hingga acara grand final yang diadakan pada 6 Juli 2024. 

Harashta berhasil unggul di lima besar mengalahkan peserta dari perwakilan negara Brazil, Ceko, Amerika, dan Curado. Ia menjadi Puteri Indonesia pertama yang keluar menyabet kemenangan di ajang kecantikan internasional tersebut. Menarik untuk mengenal Miss Supranational Harashta Haifa Zahra yang mengharumkan nama bangsa. 

Profil Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra lahir di Garut, Jawa Barat, pada 5 September 2023. Meski lahir di kota dodol tersebut, perempuan yang akrab disapa Tata ini tumbuh besar di Bandung. Harashta Haifa merupakan anak pertama dari pasangan Ginanjar dan Yeni Yuliani. Ia punya satu adik laki-laki bernama Hasya Hafizha Dhafin. 

Harashta menjalani masa muda berseragam putih abu-abu di SMAN 2 Bandung. Saat ini Harashta sedang mengenyam pendidikan tinggi di Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Ia mengambil studi Sarjana (S1) jurusan Teknik Lingkungan. 

Berdasarkan catatan di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Harashta masih berstatus sebagai mahasiswa aktif. Dirinya mulai berkuliah di Itenas Bandung sejak tahun 2020. Sebagai mahasiswa Teknik Lingkungan, Harashta membuat program Mother of Nature di media sosial untuk mengkampanyekan pengolahan limbah makanan. 

Pemenang Puteri Indonesia 2024

Kemenangan Harastha di kompetisi kecantikan tingkat internasioal pun tak terlepas dari perjalanannya dalam meniti karier. Sepak terjangnya di dunia kontens dimulai dari ajang Mojang Jajaka di Kota Bandung. Dalam kontes duta daerah ini, dirinya dinobatkan sebagai Wakil II Mojang Kota Bandung. 

Prestasi sebagai Duta Daerah tersebut membawa Harashta menjadi Puteri Indonesia Jawa Barat pada tahun 2024. Dirinya berhasil menyandang gelar Puteri Indonesia 2024 meneruskan posisi Puteri Indonesia 2023 yang juga berasal dari Jabar, yaitu Farhana Nariswari Wisandana. 

Harashta kemudian tampil membawa nama Indonesia di kontes kecantikan internasional Miss Supranational 2024. Mojang Bandung tersebut dinobatkan sebagai pemenang Supra Talent 2024 berkat penampilannya yang memukau penonton dan juri. 

Di hadapan para juri, Harashta memainkan musik tradisional kecapi. Ia juga membuat penonton terkagum dengan nyanyian lagu Bubuy Bulan dari Jawa Barat serta tarian khas Jabar dan Bali. Selain menyandang gelar Miss Talent dan pemenang Miss Supranational 2024, Harashta juga terpilih sebagai Top 3 Best Catwalk di kompetisi tersebut. 

Dalam ajang tersebut, Harastha menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang melenggang ke babak final. Ia juga menjadi orang Indoenesia pertama yang berdiri di panggung kontes Miss Supranational serta membawa pulang kemenangan. 

Demikianlah profil sekilas mengenal Miss Supranational Harastha Haifa Zahra. Harashta membanggakan nama Indonesia di kancah dunia berkat kemenangannya di kontes kecantikan internasional. Selain menjadi model, dirinya juga bergiat sebagai aktivis dan pecinta lingkungan. Baca juga daftar pemenang Puteri Indonesia 2024

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.